Sistem Pengukuran Frekuensi dan Akselerasi Pada Meja Getar Sumbu – Z Untuk Menguji Kualitas Perakitan Komponen Elektronika

1903431004, Nur A'Isa (2023) Sistem Pengukuran Frekuensi dan Akselerasi Pada Meja Getar Sumbu – Z Untuk Menguji Kualitas Perakitan Komponen Elektronika. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_NUR A'ISA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
ISI_NUR A'ISA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_NUR A'ISA.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pengujian kualitas mekanis pada assembly komponen elektronika sangat penting dalam memperkirakan kualitas peralatan elektronik. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan keandalan produk yaitu dengan cara menguji perakitan komponen elektronika menggunakan meja getar sumbu-z berbasis LabVIEW. Pada sistem tersebut terdapat sistem pengukuran frekuensi dan akselerasi getaran. Perancangan sistem pengukuran menggunakan software LabVIEW sebagai pengakuisisi, sebagai HMI (Human Machine Interface) serta pengolah data frekuensi dan akselerasi getaran dengan metode Fast Fourier Transform (FFT). Dari Hasil Pengujian dengan 8 objek uji pengetaran dilakukan pada range frekuensi 50Hz hingga 16Hz menunjukan bahwa 5 dari 8 objek uji adalah komponen elektronika berkualitas dan tahan terhadap getaran. Selain itu meja getar sumbu – Z yang telah dibuat dapat berfungsi dengan baik sesuai fungsinya. Kemudian berdasarkan analisis Pengukuran data frekuensi dan akselerasi getaran pada sumbu X, Y, dan Z dengan masing-masing berjumlah 50 sampel data dengan range uji frekuensi 50Hz hingga 16Hz, untuk Frekuensi getaran didapatkan nilai standar deviasi pada range frekuensi pengujian 50 Hz sampai dengan 16 Hz diketahui sebesar ± 1.39 dengan akurasi 96.38% dan kesalahan sebesar 3.60%. Untuk Akselerasi getaran didapatkan nilai standar deviasi sebesar ± 0.08 dengan range 0.32g.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 534 Suara, bunyi dan getaran yang terkait
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: NUR A'ISA
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:24
Last Modified: 24 Aug 2023 02:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item
View Item