Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta)

1904441054, Adinda Dwi Prayusi (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Adinda Dwi Prayusi_1904441054_Manajemen Keuangan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2-4 Skripsi] Text (Isi Bab 2-4 Skripsi)
Isi Bab 2-4 Skripsi_Adinda Dwi Prayusi_1904441054_Manajemen Keuangan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (802kB)
[thumbnail of Jurnal SNAM_Adinda Dwi Prayusi] Text (Jurnal SNAM_Adinda Dwi Prayusi)
Jurnal_Adinda Dwi Prayusi_1904441054_Manajemen Keuangan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (452kB)

Abstrak

Menurut survei pada tahun 2021, shopee paylater menjadi layanan paylater paling sering digunakan. Segala kemudahan yang diberikan oleh spaylater membuat mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta tertarik dan percaya untuk menggunakannya. Namun juga harus mempertimbangkan risikonya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan kepercayaan terhadap minat menggunakan spaylater pada mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta. Jenis penelitian ini kuantitatif. Data penelitian didapat dengan kuesioner dan diisi oleh 115 responden yang memenuhi kriteria. Pada penelitian ini didapat uji T pada literasi keuangan sebesar -8,896 dengan signifikansi 0.000 menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap minat menggunakan spaylater. Persepsi kemudahan sebesar 5.393 dengan signifikansi 0.000 artinya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menggunakan spaylater. Persepsi risiko sebesar 8.808 dengan signifikansi 0.000 artinya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan spaylater. Kepercayaan sebesar 9.108 dengan signifikansi 0.000 yang berarti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan spaylater. Pada uji F mendapat nilai sebesar 249.16 dengan signifikansi 0.000 artinya literasi keuangan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepercayaan berpengaruh simultan terhadap minat menggunakan spaylater. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan serta implikasi terhadap perusahaan serta pengguna untuk meningkatkan minat menggunakan shopee paylater.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Adinda Dwi Prayusi
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:49
Last Modified: 22 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item
View Item