PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN BSI MOBILE SEBAGAI DIGITAL PAYMENT

1904411048, Rifani Jihan (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN BSI MOBILE SEBAGAI DIGITAL PAYMENT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi_Rifani Jihan] Text (Halaman Identitas Skripsi_Rifani Jihan)
Hlm Identitas_Bab 1_Bab 5_Lampiran_SKRIPSI_RIFANI JIHAN_1904411048.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Skripsi_Rifani Jihan] Text (Isi Skripsi_Rifani Jihan)
Isi (Bab 2 s.d Bab 4) SKRIPSI_RIFANI JIHAN_1904411048.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (642kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Rifani Jihan] Text (Manuskrip Artikel Rifani Jihan)
JURNAL ARTIKEL_RIFANI JIHAN_1904411048.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (295kB)

Abstrak

Perkembangan financial technology telah memberikan dampak signifikan pada sektor keuangan digital yang telah mengubah dari sistem pembayaran tunai menjadi pembayaran non-tunai. Mobile banking merupakan salah satu fasilitas yang diberikan bank untuk melakukan transaksi keuangan secara online melalui telepon seluler. Bank Syariah Indonesia meluncurkan aplikasi BSI Mobile yang salah satu fungsinya adalah untuk melakukan transaksi pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan literasi digital terhadap keputusan menggunakan BSI Mobile sebagai digital payment. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian dengan uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan BSI Mobile sebagai digital payment, sedangkan literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan BSI Mobile sebagai digital payment. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan transaksi pembayaran digital menggunakan aplikasi BSI Mobile dengan cara meningkatkan literasi keuangan syariah dan literasi digital.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Rifani Jihan
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:01
Last Modified: 28 Aug 2023 05:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12878

Actions (login required)

View Item
View Item