Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Influencer Terhadap Keputusan Generasi Z Dalam Berinvestasi (Studi Kasus Aplikasi Ajaib)

1904441033, Karunia Tri Utami (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Influencer Terhadap Keputusan Generasi Z Dalam Berinvestasi (Studi Kasus Aplikasi Ajaib). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Bab 1, dan Bab 5-Karunia Tri Utami.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Bab 2 s.d. Bab 4)
Bab 2 s.d. Bab 4-Karunia Tri Utami.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah-Karunia Tri Utami.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (403kB)

Abstrak

Meningkatnya investor pasar modal yang didominasi oleh generasi z tidak diimbangi dengan peningkatan literasi keuangan yang dimiliki investor. Celah tersebut dimanfaatkan oleh influencer untuk menggiring investor berinvestasi pada saham yang mereka promosikan sehingga berpotensi menimbulkan kerugian pada investor. Di sisi lain inklusi keuangan telah tumbuh secara signifikan ditandai dengan ketersediaan akses investasi melalui platform investasi salah satunya aplikasi Ajaib. Penelitian ini bertujuan menemukan bukti empiris pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Influencer terhadap keputusan generasi z di Jabodetabek dalam berinvestasi menggunakan Aplikasi Ajaib. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Analisis Regresi Linear Berganda yang diolah melalui aplikasi IBM SPSS versi 22.0. Penelitian ini menggunakan purposive sampling terhadap 108 responden yang merupakan investor generasi z di Jabodetabek yang menggunakan Aplikasi Ajaib. Hasil penelitian ini menunjukan literasi keuangan dan inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan generasi z dalam berinvestasi menggunakan Aplikasi Ajaib. Sedangkan influencer tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi z dalam berinvestasi menggunakan Aplikasi Ajaib.

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Influencer, Keputusan Investasi, Aplikasi Ajaib.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Karunia Tri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:40
Last Modified: 21 Aug 2023 06:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item
View Item