Pengaruh Gaya Hidup, Fintech Payment, dan Sosial Media Influencer Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi (Studi Kasus Terhadap Generasi Z di Jabodetabek)

1904441011, Firdausyi Nuzulah (2023) Pengaruh Gaya Hidup, Fintech Payment, dan Sosial Media Influencer Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi (Studi Kasus Terhadap Generasi Z di Jabodetabek). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (729kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Text Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (564kB)

Abstrak

Gen Z yang berada di Jabodetabek yang memiliki Gaya hidup yang konsumtif, adanya kemudahan penggunaan fintech payment, dan beragam pemberitahuan di sosial media influencer akan berdampak pada pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh gaya hidup, fintech payment, dan sosial media influencer terhadap pengelolaan keuangan pribadi Gen Z. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data primer. Data didapatkan melalui kuesioner yang disebar melalui internet, diisi melalui Google Form, dan telah lulus uji kualitas data. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 134 responden Gen Z usia 19 – 24 tahun yang bertempat tinggal di Jabodetabek. Pengolahan data penelitian ini dibantu oleh aplikasi statistik SPSS. Analisis yang digunakan yaitu Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, dan Uji Heteroskedastisitas. Untuk mendapatkan hasil dari Hipotesis dengan menggunakan analisis linier berganda, Uji R2, uji T, dan Uji F. Hasil dari penelitian ini yaitu Gaya Hidup, Fintech payment, dan Sosial Media Influencer ketiganya berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Generasi Z yang tinggal di Jabodetabek. Namun, pengaruhnya hanya 32,5%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: Gaya Hidup, Fintech payment, Sosial Media Influencer, Pengelolaan Keuangan Pribadi, Generasi Z
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Firdausyi Nuzulah
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:39
Last Modified: 24 Aug 2023 03:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item
View Item