REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERISTIWA PENUTUPAN BANK DI AMERIKA SERIKAT

1904441027, Sabrina Khairunnisa (2023) REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERISTIWA PENUTUPAN BANK DI AMERIKA SERIKAT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_Sabrina Khairunnisa.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi Skripsi_Sabrina Khairunnisa.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (628kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel SNAM_Sabrina Khairunnisa.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (335kB)

Abstrak

Sektor perbankan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi global. Namun, sektor perbankan juga memiliki potensi risiko sistemik yang lebih besar terhadap perekonomian daripada kegagalan perusahaan biasa. Ini disebabkan oleh peran perbankan sebagai bagian dari sistem pembayaran. Sebagai contoh, penutupan bank di Amerika Serikat menimbulkan adanya spillovers effect negatif di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap peristiwa penutupan bank di Amerika Serikat pada perusahaan-perusahaan di sektor perbankan dan sektor teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode studi peristiwa. Dalam penelitian ini, abnormal return dan aktivitas volume perdagangan digunakan sebagai indikator terhadap 39 perusahaan di sub sektor perbankan dan 33 perusahaan di sektor teknologi yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pada perusahaan sub sektor perbankan dan sektor teknologi. Hal ini mengindikasikan bahwa peristiwa penutupan bank di Amerika Serikat tidak mempengaruhi harga saham dan transaksi saham.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Sabrina Khairunnisa
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:39
Last Modified: 21 Aug 2023 06:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item
View Item