RANCANG BANGUN SISTEM PENCEGAH PLAGIASI SKRIPSI DENGAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY

1907412001, Erik Julios (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PENCEGAH PLAGIASI SKRIPSI DENGAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Skripsi Erik Julios bab 1 dan 5] Text (Skripsi Erik Julios bab 1 dan 5)
Skripsi Erik Julios 1 dan 5.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Skripsi Erik Julios bab 2-4] Text (Skripsi Erik Julios bab 2-4)
skripsi Erik Julios bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of jurnal erik julios] Text (jurnal erik julios)
jurnal erik julios.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (431kB)

Abstrak

Plagiarisme mengacu pada tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain, komposisi, pendapat, dan hal-hal terkait lainnya dan menyajikannya sebagai milik sendiri. Di Politeknik Negeri Jakarta, proses pengecekan plagiarisme skripsi masih dilakukan secara manual, dimana petugas harus mengecek setiap skripsi secara individu. Bertambahnya jumlah skripsi dan jumlah halaman per skripsi membuat proses pengecekan menjadi lama dan melelahkan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah sistem pencegahan plagiarisme dengan menggunakan metode Cosine similarity untuk menghitung persentase kemiripan antara judul dan abstraksi pada skripsi. Sistem ini akan dikembangkan menggunakan framework laravel dan MySQL. UML (Unified Modeling Language) akan digunakan untuk pemodelan, dan metode yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak dengan metode Waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem ini akan memiliki fitur-fitur seperti pengecekan plagiasi pada judul dan abstraski skripsi, riwayat pengecekan skripsi, dan penelitian sejenis yang diurutkan berdasarkan persentase persentase tertinggi.
Sistem ini dapat membantu mahasiswa menghindari plagiat dalam skripsinya. Pengguna dapat mengunggah judul dan abstraksi skripsi ke dalam sistem dan mendapatkan hasil perbandingan antara skripsi dengan repositori skripsi. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dirancang dapat mendeteksi plagiarisme dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Sistem ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan originalitas skripsi mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Erik Julios
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:48
Last Modified: 18 Aug 2023 03:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item
View Item