RANCANG BANGUN APLIKASI QRCODE SEBAGAI MEDIA PRESENSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA BERBASIS WEB

1907412022, Muhammad Galih Wiyono Putra (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI QRCODE SEBAGAI MEDIA PRESENSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA BERBASIS WEB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup)
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel] Text (Manuskrip Artikel)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (930kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan QR Code sebagai media presensi mahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta. Sistem presensi yang efisien dan akurat merupakan aspek penting dalam manajemen kehadiran mahasiswa. Aplikasi yang dirancang dalam penelitian ini memanfaatkan teknologi QR Code untuk memudahkan proses pencatatan presensi mahasiswa. Metode pengembangan yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, serta keamanan data yang terjaga. Mahasiswa dapat dengan mudah melakukan presensi dengan cara memindai QR Code yang diberikan oleh dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil mengoptimalkan proses presensi mahasiswa. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam melakukan pemantauan kehadiran mahasiswa bagi dosen dan pihak administrasi. Dengan demikian, aplikasi berbasis web ini dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi manajemen presensi mahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi informasi di bidang pendidikan, khususnya dalam pemantauan kehadiran mahasiswa.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Muhammad Galih Wiyono Putra
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:22
Last Modified: 16 Aug 2023 01:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item
View Item