Rancang Bangun Network Traffic Monitoring dan DDoS Detection Menggunakan Fastnetmon Dan Grafana Pada Iot Server

1907421003, Arif Setiawan (2023) Rancang Bangun Network Traffic Monitoring dan DDoS Detection Menggunakan Fastnetmon Dan Grafana Pada Iot Server. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran)] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran))
Halaman_Identitas_Skripsi_Arif_Setiawan_1907421003.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Halaman Isi] Text (Halaman Isi)
Halaman_Isi_Skripsi_Arif_Setiawan_1907421003.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal_Nero_Arif_Setiawan_1907421003.pdf] Text
Jurnal_Nero_Arif_Setiawan_1907421003.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (893kB)

Abstrak

Penggunaan IoT yang semakin meluas di berbagai sektor membuat kejahatan pada teknologi ini ikut meningkat. Salah satunya adalah serangan DDoS yang menyerang server IoT dengan tujuan membuat server tidak dapat diakses. Dalam hal ini, diperlukan upaya untuk mengamankan server IoT dari serangan DDoS. Selain itu, penting juga untuk memiliki sistem monitoring dan deteksi yang kuat agar serangan DDoS dapat dideteksi dan ditangani secepat mungkin. Oleh karena itu, maka dilakukanlah rancang bangun network traffic monitoring dan DDoS detection. Sistem ini memiliki tujuan untuk melakukan monitoring traffic yang masuk dan keluar dari server IoT dan memberikan informasi jika terjadi serangan DDoS. Sistem ini terdiri dari beberapa perangkat lunak yang diintegrasikan, seperti Netflow untuk merekam dan mengirim data lalu lintas, FastNetMon untuk menganalisis data dan mendeteksi serangan DDoS, InfluxDB untuk menyimpan data dari secara real-time, Grafana untuk memvisualisasikan data secara real-time, dan Bot telegram untuk pemberi notifikasi apabila terjadi serangan DDoS. Penelitian ini menghasilkan rata-rata waktu untuk mendeteksi dan mengirimkan notifikasi jika terjadi serangan DDoS berbasis flooding adalah 1 dan 3 detik, sedangkan untuk serangan DDoS berbasis Resource adalah 15,8 detik dan 19,5 detik. Penggunaan resource usage pada Server Monitoring juga cukup stabil untuk mendeteksi serangan DDoS. Dimana rata-rata penggunaan CPU adalah 7% dan rata-rata penggunaan Memory adalah sebesar 31,3%.
Kata Kunci: Bot Telegram, DDoS, Fastnetmon, Grafana, IoT

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Arif Setiawan
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:47
Last Modified: 16 Aug 2023 01:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12389

Actions (login required)

View Item
View Item