UPAYA PENCEGAHAN KREDIT MACET DALAM PRODUK KREDIT MODAL KERJA UNTUK UMKM DENGAN PENERAPAN PRINSIP 5C PADA PT BANK BRI KANTOR CABANG KRAMAT JATI

2004321061, Fransiscus Samuel Christian Simanjuntak (2023) UPAYA PENCEGAHAN KREDIT MACET DALAM PRODUK KREDIT MODAL KERJA UNTUK UMKM DENGAN PENERAPAN PRINSIP 5C PADA PT BANK BRI KANTOR CABANG KRAMAT JATI. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR] Text (HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR)
HALAMAN IDENTITAS, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA, REFERENSI dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of HALAMAN ISI TUGAS AKHIR] Text (HALAMAN ISI TUGAS AKHIR)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (549kB)

Abstrak

Kredit Modal Kerja merupakan salah satu produk Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kramat Jati yang bertujuan untuk memberikan pembiayaan bagi pelaku UMKM yang membutuhkan dana tambahan untuk menjalankan usahanya. Dalam penyaluran kredit, bank sangat menghindari kredit macet. Salah satu upaya untuk mencegah kredit macet yang dilakukan Bank BRI Kantor Cabang Kramat Jati adalah diterapkannya prinsip 5C dalam penyaluran kredit. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan proses penyaluran Kredit Modal Kerja pada Bank BRI Kantor Cabang Kramat Jati, serta mendeskripsikan upaya pencegahan kredit macet dalam penyaluran Kredit Modal Kerja dengan penerapan prinsip 5C dan kendalanya. Data yang didapat diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pencegahan kredit macet dengan penerapan prinsip 5C dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap aspek Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition dari calon debitur. Semua penilaian dilakukan dengan teliti supaya kelak Kredit Modal Kerja yang diberikan tidak menjadi kredit macet.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Samuel Simanjuntak
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:25
Last Modified: 16 Aug 2023 03:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item
View Item