PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN RELIGIOSITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN BANK DIGITAL SYARIAH DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

1904411022, Miftah Siddik Firdaus (2023) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN RELIGIOSITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN BANK DIGITAL SYARIAH DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Miftah Siddik Firdaus_1904411022.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Skripsi] Text (Isi Skripsi)
Isi Skripsi_Miftah Siddik Firdaus_1904411022.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (799kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmilah (Jurnal)_Miftah Siddik Firdaus_1904411022.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (271kB)

Abstrak

Perkembangan bank digital syariah di Indonesia dinilai belum mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini dibuktikan dari jumlah generasi z yang menggunakan bank digital hanya 10% dari total generasi z di Indonesia dan juga jumlah pengguna bank digital syariah masih lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna bank digital konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan religiusitas terhadap keputusan menggunakan bank digital syariah dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 120 responden yang dikumpulkan menggunakan kuesioner secara online. Populasi pada penelitian ini adalah generasi z pengguna bank digital syariah dan penentuan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software statistik SMARTPLS 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan bank digital syariah dan persepsi kemudahaan penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan bank digital syariah. Hasil lainnya membuktikan bahwa religiusitas memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan bank digital syariah. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi tambahan bagi bank digital syariah dalam menentukan strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah bank digital syariah.

Kata Kunci : Bank Digital Syariah, Keputusan Menggunakan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Religiusitas

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Miftah Siddik Firdaus
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:42
Last Modified: 25 Aug 2023 04:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item
View Item