ANALISIS KEAMANAN MIKHMON MENGGUNAKAN METODE PENETRATION TESTING

1907422001, Wahyu Adi Pamungkas (2023) ANALISIS KEAMANAN MIKHMON MENGGUNAKAN METODE PENETRATION TESTING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Skripsi_Wahyu Adi Pamungkas_Hal_Identitas.pdf] Text
Skripsi_Wahyu Adi Pamungkas_Hal_Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_Wahyu Adi Pamungkas_Bab2-4.pdf] Text
Skripsi_Wahyu Adi Pamungkas_Bab2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Wahyu Adi Pamungkas_Jurnal-.pdf] Text
Wahyu Adi Pamungkas_Jurnal-.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (398kB)

Abstrak

Semakin meningkatnya serangan dalam dunia internet didukung pula dengan data yang dirilis oleh BSSN (Badan Siber Sandi Negara) dalam hasil laporan tahunan 2021 HONEYNET PROJECT BSSN – IHP, bahwa sepanjang tahun 2021 telah terjadi serangan siber sebanyak 266.741.784 kali di dunia. Belum adanya analisis keamanan yang dilakukan pada mikhmon dijaringan yang telah diimplementasikan menjadi masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis keamanan Mikhmon yang telah diimplementasikan di jaringan internet PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Langgeng Ikhlas menggunakan metode penetration testing. Sebelum melakukan penetration testing dilakukan sebuah vulnerability assesment menggunakan tools vulnerability scanner yang berfungsi untuk mencari celah kerentanan dalam jaringan di PKBM Langgeng Ikhlas dan selanjutnya dilakukan penetration testing untuk mensimulasikan penyerangan seperti SQL injection dan dictionary attack terhadap jaringan tersebut. Hasil dari analisis kerentanan terhadap mikhmon didapatkan kerentanan terbanyak pada tingkatan high sebanyak 1 oleh nessus, medium sebanyak 8 oleh acunetix, low sebanyak 7 oleh acunetix dan information sebanyak 24 oleh nessus. Hasil dari pengujian serangan terhadap mikhmon menggunakan teknik sql injection tidak ditemukan celah kerentanan dan menggunakan teknik dictionary attack dapat ditemukan username dan password yang dapat digunakan untuk masuk kedalam mikhmon.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Wahyu Adi Pamungkas
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:29
Last Modified: 23 Aug 2023 02:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item
View Item