Peran Desain Produk dan Promosi Media Sosial Pada Pembelian Mandiri e-Money di Jabodetabek

1804421060, Fitri Andriani Eka Putri (2023) Peran Desain Produk dan Promosi Media Sosial Pada Pembelian Mandiri e-Money di Jabodetabek. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas SKripsi] Text (Halaman Identitas SKripsi)
Halaman Indentitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s.d Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal) .pdf

Download (306kB)

Abstrak

Penerapan digitalisasi pembayaran menggunakan uang elektronik dengan julukan “tap and go” di berbagai layanan publik sektor massal dan mikro akhirnya meningkatkan kebutuhan masyarakat yang mengakibatkan memunculkan beragam alternatif merek serupa. Persaingan di antara penerbit pun semakin ketat mengingat adanya kemiripan harga, fungsi dan teknologi sehingga pembelian akan bergantung dari bagaimana preferensi konsumen terhadap kemenarikan desain produk dan promosi yang diperlihatkan masing-masing merek. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peran desain produk dan promosi media sosial terhadap keputusan konsumen membeli kartu uang elektronik merek Mandiri e-Money. Sebanyak 100 tanggapan pengguna Mandiri e-Money di Jabodetabek telah dikumpulkan dengan teknik purposive sampling untuk dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dengan SPSS versi 26.0 sebagai alat bantu pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain produk dan promosi media sosial secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif signifikan pada pengambilan keputusan pembelian Mandiri e-Money. Sebesar 72.4% keputusan pembelian Mandiri e-Money mampu dipengaruhi oleh desain produk dan promosi media sosial, maka Bank Mandiri diharapkan terus meningkatkan desain produk dan promosi terhadap Mandiri e-Money diberbagai media online. Untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dengan menambah faktor lain seperti kepemilikan rekening bank mengingat mayoritas pengisian ulang saldo oleh pengguna dilakukan melalui mobile banking.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Fitri Andriani Eka Putri
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:45
Last Modified: 16 Aug 2023 06:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item
View Item