PERAN VIDEO EDUKASI BERDASARKAN KONSEP AIDA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FITUR QRIS OLEH GENERASI X

1904421052, Prastinka Fonda Utami (2023) PERAN VIDEO EDUKASI BERDASARKAN KONSEP AIDA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FITUR QRIS OLEH GENERASI X. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Pendahuluan, Penutup)] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Pendahuluan, Penutup))
Halaman Identitas Skripsi (Judul, Pendahuluan, Penutup).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4 Isi Skripsi] Text (Bab 2 s.d Bab 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2 s.d Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Perkembangan teknologi mengubah cara bertransaksi. Metode pembayaran juga mengikuti perubahan teknologi, dimana sebelumnya menggunakan tunai menjadi pembayaran digital. Salah satu pembayaran digital yang telah diluncurkan adalah QRIS. Metode pembayaran ini menciptakan kebiasaan baru tanpa uang tunai. Namun, tidak semua kalangan mau mengadopsi teknologi melalui QRIS. Generasi X yang berusia di atas 40 tahun cenderung enggan mengadopsi teknologi baru karena beberapa faktor. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diluncurkan video edukasi tentang sistem pembayaran dengan QRIS. Penelitian ini menguji pengaruh complexity, effort expectancy, credibility, dan habit terhadap persepsi QRIS setelah melihat video edukasi sistem pembayaran QRIS terhadap minat menggunakan fitur QRIS Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Kriteria responden yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah pengguna e-wallet atau mobile banking, berusia di atas 40 tahun, dan pernah berbelanja di merchant yang terdaftar di QRIS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS – SEM sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini meliputi complexity, effort expectancy, credibility, dan habit secara keseluruhan mampu mengubah persepsi QRIS pada generasi X yang berpengaruh positif terhadap niat menggunakan fitur QRIS.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Prastinka Fonda Utami
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:45
Last Modified: 16 Aug 2023 06:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12238

Actions (login required)

View Item
View Item