Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Risiko, dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Investasi dengan sistem e-IPO pada saham IPO (Studi kasus Pada Investor Jabodetabek).

1904441044, Dea Resti Ananda (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Risiko, dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Investasi dengan sistem e-IPO pada saham IPO (Studi kasus Pada Investor Jabodetabek). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Dea Resti Ananda_1904441044.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4)_Dea Resti Ananda_1904441044.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (518kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal Artikel_1904441044_Dea Resti Ananda.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (275kB)

Abstrak

Perkembangan investasi dipasar modal meningkat khususnya pada Jabodetabek dengan jumlah investor yang mendominasi. Tetapi perkembangan itu lebih didominasi oleh investasi pada pasar sekunder dibandingkan pada pasar perdana. Hadirnya sistem e-IPO pada awal tahun 2021 menyebabkan peningkatan jumlah modal yang ditanamkan pada pasar perdana. Dikarenakan investor Jabodetabek memiliki literasi keuangan yang baik, memiliki kriteria toleransi keuangan yang cenderung tinggi atau risk seeking dan juga memandang bahwa sistem e-IPO dapat memudahkan untuk berinvestasi pada saham IPO. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh literasi keuangan, toleransi risiko dan persepsi kemudahan terhadap minat investasi dengan sistem e-IPO pada saham IPO dengan studi kasus pada investor Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Penelitian ini menggunakan data kuesioner yang telah diisi oleh 153 responden yang berupa investor berdomisili di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, toleransi risiko dan persepsi kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi saham IPO dengan sistem e-IPO oleh investor Jabodetabek.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Toleransi Risiko, Persepsi Kemudahan, Minat Investasi, Saham IPO, Sistem e-IPO, dan Investor Jabodetabek

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.M Dea Resti Ananda
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:39
Last Modified: 09 Aug 2023 05:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11836

Actions (login required)

View Item
View Item