PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM FOODEY'S

1906421024, Saskia Deanaya Megaputri (2023) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM FOODEY'S. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
TA_HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 - Bab 4] Text (Isi Bab 2 - Bab 4)
TA_HALAMAN ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

UMKM Foodey’s merupakan usaha kuliner rumahan. Sebelum berganti nama menjadi Foodey's, UMKM ini bernama Nasi Bakar Bu Dey yang sekarang penggunaan namanya sudah tidak relevan lagi mengingat berbagai macam tipe masakan yang dijual. Sejak 2016, UMKM ini belum memiliki logo tetap
dan tidak adanya keselarasan tampilan pada berbagai media baik media cetak maupun media online. UMKM Foodey’s membutuhkan identitas visual yang mampu mencerminkan citra baru pada usahanya kepada konsumen serta target marketnya. Tujuan dari perancangan ini yaitu merancang identitas visual yang mampu mencerminkan citra baru UMKM Foodey's kepada konsumen serta target marketnya. Menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan observasi, wawancara, studi literatur dan survei. Hasil data diolah bersamaan dengan analisis STP, SWOT, dan arahan kreatif. Tahapan mind mapping dan moodboard sebagai proses untuk mendapatkan key visual sesuai key message yang mengacu kepada tone and manner Foodey’s yaitu homemade, minimalis, dan premium. Proses desain melalui sketsa manual, digitalisasi, hingga mendapatkan hasil
perancangan berupa logo berjenis combination mark yang merupakan gabungan logotype berjenis serif dengan logogram hasil modifikasi visual stilasi dengan menggunakan elemen garis (outline stroke). Terdapat penambahan tagline pada logo, sehingga logo dan tagline menjadi satu kesatuan. Desain diaplikasikan pada Graphic Standard Manual, nota pembelian, standing banner, poster menu, kartu nama, poster digital Instagram, serta label logo untuk kemasan. Dapat disimpulkan dengan adanya perancangan identitas visual diharapkan dapat mengembangkan usaha Foodey’s melalui tampilan baru baik di media online maupun offline.

Kata Kunci: UMKM, Usaha Kuliner, Branding, Identitas Visual

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Saskia Deanaya Megaputri
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:34
Last Modified: 04 Aug 2023 09:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item
View Item