PERBANDINGAN PERHITUNGAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRADITIONAL COSTING DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING STUDI KASUS PADA TK BUNGA BANGSA 2

1904431060, Zhafira Alya Syarafina (2023) PERBANDINGAN PERHITUNGAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRADITIONAL COSTING DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING STUDI KASUS PADA TK BUNGA BANGSA 2. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak Zhafira Alya Syarafina.pdf

Download (937kB)

Abstrak

Penelitian ini digunakan untuk memberikan alternatif perhitungan biaya satuan pendidikan dengan metode Activity Based Costing dan membandingkan dengan perhitungan yang telah dilakukan oleh TK Bunga Bangsa 2 tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang diperoleh meliputi data primer yang melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi serta data sekunder yang melalui teknik pengumpulan data dokumentasi berupa data biaya dan data terkait lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan perbandingan metode Traditional Costing dan ABC dinyatakan undercosting (35.014) untuk biaya satuan pendidikan pada kelompok bermain A dan overcosting (7.725) untuk biaya satuan pendidikan pada kelompok bermain B. Hal ini dikarenakan pada perhitungan biaya satuan pendidikan dengan metode Traditional costing hanya menggunakan satu dasar alokasi pembebanan biaya yaitu jumlah siswa sedangkan pada metode ABC pembebanan dialokasikan sesuai dengan aktivitasnya. Sehingga, pembebanan biaya dapat diserap sesuai dengan aktivitas yang ada.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Zhafira Alya Syarafina
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:37
Last Modified: 04 Aug 2023 07:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item
View Item