PEMROGRAMAN PYTHON UNTUK PEMBUATAN SERVER MODBUS DAN SISTEM KEAMANAN SCADA BERBASIS MACHINE LEARNING

210344301, MHD ASYURA JUMACHIR (2023) PEMROGRAMAN PYTHON UNTUK PEMBUATAN SERVER MODBUS DAN SISTEM KEAMANAN SCADA BERBASIS MACHINE LEARNING. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakara.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Akhir] Text (Judul, Pendahuluan, dan Akhir)
AwalPendahuluanAkhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal/Manuskrip] Text (Jurnal/Manuskrip)
jurnal_FIX.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (971kB)

Abstrak

Di zaman pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak teknologi baru yang muncul salah satunya pada bidang sistem keamanan. Salah satu yang dikembangkan adalah keamanan dengan menggunakan biometrik. Penggunaan keamanan biometrik banyak kita jumpai setiap hari mulai dari penggunaan keamanan smartphone, keamanan kantor dengan sidik jari, dan masih banyak contoh lainnya. Didalam dunia industri penggunaan SCADA(Supervisory Control and Data Acquisition) juga membutuhkan keamanan dalam mengaksesnya, namun yang digunakan untuk keamanan SCADA saat ini kebanyakan hanya sebatas menggunakan akses kontrol bawaan dari pengembang SCADA. Salah satu solusi untuk menggunakan keamanan dalam menggunakan kontrol pada SCADA ini dengan menambahkan sistem sekurtias tambahan dari luar. Penggunaan sistem keamanan ini dibuat menggunakan program python yang dimana program ini juga dibekali dengan sistem pendeteksian & Pengenalan wajah, dan akses pengguna sampai ratusan akun yang dapat didaftarkan juga dibekali dengan algoritma machine learning membuat program ini dapat mengenali beberapa wajah yang sudah dilatih. Adapun penggunaan program keamanan SCADA ini dapat dijalankan di PC ataupun mini PC seperti Raspberry dengan syarat memiliki kamera dan dapat menjalankan program python. Keberhasilan kinerja sistem keamanan SCADA membutuhkan perancangan yang terstruktur mulai dari perancangan flowchart, diagram blok, struktur pemrograman, hingga tahap persiapan komunikasi antar komponen. Keberhasilan pembuatan program ini mampu menghasilkan sistem keamanan SCADA dengan menggunakan akun,dan Pengenalan wajah yang dapat membedakan wajah yang sudah dikenali dan wajah yang belum dikenali dengan tambahan fitur penambahan wajah baru. Juga nantinya data output yang diterima oleh SCADA sebagai akses menjadi 3 output yaitu akses sebagai user, admin dan engineer, Selain itu program ini mampu mengirim dan menerima data lewat komunikasi modbus berupa data holding register yang akan diuji dengan mengirim data holding register dari klien ke server.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: 1803311037 Mhd. Asyura Jumachir
Date Deposited: 28 Apr 2023 11:39
Last Modified: 28 Apr 2023 11:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item
View Item