ANALISIS KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA SISTEM OTOMASI AIR CONDITIONER (AC) BERBASIS IoT

2103443007, Syofiya Azkhia Delsa (2023) ANALISIS KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA SISTEM OTOMASI AIR CONDITIONER (AC) BERBASIS IoT. D4 thesis, politeknik negeri jakarta.

[thumbnail of judul, pendahuluan, dan penutup] Text (judul, pendahuluan, dan penutup)
judul, pendahuluan dan penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 2-bab 4] Text (bab 2-bab 4)
bab2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of manuskrip] Text (manuskrip)
JURNAL SYOFIYA.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (107kB)

Abstrak

ABSTRAK
Salah satu alat yang banyak digunakan pada ruamah tinggal, kampus, masjid dan perkantoran adalah AC(Air Coinditioner). Tetapi AC termasuk alat yang menggunakan daya yang cukup tinggi. Pada penelitian ini, sebuah alat kontrol berupa panel kontrol dibuat untuk mengendalikan on/off AC secra otomatis. Sistem ini menggunakan komponen utama yaitu ESP32, sensor proximity, sensor suhu, dan AC itu sendiri. Sistem ini bekerja dalam dua mode yaitu mode auto dan manual yang dapat dioperasikan dengan remote AC dan dapat juga menggunakan IoT dengan bantuan sensor suhu dan sensor proximity. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian kesesuaian deskripsi kerja dan kinerja pada mode auto dan mode manual. Hasil pengujian menunjukkan bahwa saat mode auto yaitu dengan meggunakan IoT melakukan kinerja yang lebih baik serta dapat menghemat kWh yang terpakai. Kinerja dengan menggunakan IoT ini dapat dikatakan lebih baik dikarenakan on/off AC sesuai dengan keberadaan manusia di dalam ruangan. Hal ini dapat menghemat daya yang terpakai dimana saat tidak ada manusia di dalam ruangan maka AC akan otomatis mati dan begitu sebaliknya.
Kata Kunci: ESP32,IoT, sensor suhu, sensor proximity, AC.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Syofiya Azkhia Delsa
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:46
Last Modified: 15 Mar 2023 04:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item
View Item