Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 - 2021

1804421051, Anita Noni Fitriana (2023) Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 - 2021. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup_Anita Noni Fitriana.pdf] Text
Judul, Pendahuluan, Penutup_Anita Noni Fitriana.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 S/D BAB 4] Text (BAB 2 S/D BAB 4)
BAB 2 s.d BAB 4_Anita Noni Fitriana.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (702kB)

Abstrak

Kinerja keuangan merupakan instrumen penting yang digunakan untuk mengetahui keadaan suatu perusahaan dalam kodisi sehat atau tidak. Pengukuran kinerja keuangan salah satunya dapat dilakukan dengan melihat rasio profitabilitas melalui ROA dan rasio pasar melalui EPS. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh CSR dan GCG terhadap kinerja keuangan pada bank BUMN yang diukur menggunakan ROA dan EPS. Penelitian ini menggunakan data sekunder, populasi yang digunakan adalah perusahaan perbankan milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2021. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 60 data pengamatan. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel yang diolah menggunakan Eviews versi 12 dengan metode random effect model untuk rasio ROA dan fixed effect model untuk rasio EPS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CSR, dan GCG yang diukur melalui dewan komisaris indepemdem berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan bank BUMN, kemudian GCG yang diukur menggunakan komite audit berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan EPS, Lalu komite audit terhadap ROA dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dan EPS.

Kata Kunci: CSR, GCG, Komite Audit, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, ROA, EPS

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: S.tr Anita Noni Fitriana
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:54
Last Modified: 17 Mar 2023 07:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item
View Item