PENERAPAN SISTEM KONTROL, KOMUNIKASI DAN KEAMANAN PADA SMART HOME BERBASIS SCADA

2103443011, Ravanka Naufalin Adam (2023) PENERAPAN SISTEM KONTROL, KOMUNIKASI DAN KEAMANAN PADA SMART HOME BERBASIS SCADA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (320kB)

Abstrak

Sistem kontrol, komunikasi, dan keamanan Pada Smart home Berbasis Supervisory control and data acquisition (SCADA) ini merupakan sebuah sistem otomasi untuk rumah tinggal dengan konsep mengelola alat kelistrikan rumah tangga seperti lampu dan fan pada komputer dengan sistem SCADA sebagai Master Terminal Unit (MTU). Kelistrikan rumah tangga terintegrasi dengan PLC sebagai Remote Terminal Unit (RTU) untuk mengontrol dan memonitor seluruh sistem alat kelistrikan serta pengamanan pada rumah tinggal seperti fire alarm dan akses masuk rumah menggunakan komunikasi MODBUS TCP/IP. Sistem ini juga terintegrasi dengan Artificial Intelligance (AI) untuk menunjang sistem keamanan rumah tinggal yang diproses oleh Raspberry PI 3 untuk image processing. Sistem ini menggunakan face recogniton atau pengenalan wajah sebagai sistem keamanan yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan biometrik wajah sebagai akses pintu masuk dan akses lainnya yang memerlukan keamanan. Pada perancangan sistem kontrol, terdapat mode yang digunakan dalam mengelola alat kelistrikan rumah tangga yaitu local mode dan central mode. Untuk mode local, pengguna dapat mengontrol unit dari prototipe rumah tinggal secara langsung. Sedangkan untuk mode central pengguna dapat mengontrol aktivitas unit dari SCADA pada Personal Computer atau Laptop.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: A.Md.T Ravanka Naufalin Adam
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:59
Last Modified: 13 Feb 2023 07:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item
View Item