RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN GUDANG TERNAKPEDIA BERBASIS INTERNET OF THINGS

Gusti, Ditheosvi Alvira (2023) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN GUDANG TERNAKPEDIA BERBASIS INTERNET OF THINGS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Identitas.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Isi Skripsi Bab 2 - Bab 4] Text (Isi Skripsi Bab 2 - Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
JURNAL SKIPSI DITHEOSVI ALVIRA.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (455kB) | Request a copy

Abstrak

Ternakpedia merupakan sebuah perusahaan startup yang menjadi mitra pada penelitian kali ini yang bergerak dalam bidang retail dengan menjual berbagai kebutuhan pertanian dan peternakan dan memiliki sebuah gudang untuk menyimpan barang produksi. Gudang yang dimiliki oleh ternakpedia belum memiliki sistem keamanan dan perlindungan yang memadai sehingga tidak ada pencegahan dini untuk bahaya kebakaran dan rentan menjadi sasaran tindak kriminalitas seperti pembobolan. Oleh karena itu, dibuatlah sistem yang dapat memantau kondisi gudang secara real-time menggunakan aplikasi, sehingga dapat mendeteksi adanya indikasi pembobolan dan kebakaran dalam gudang. Sistem ini dibuat menggunakan dua mikrokotroler yakni ESP32CAM sebagai komponen utama untuk fitur livestream dan ESP32 yang berfungsi sebagai pengendali dari sensor dan komponen output yang digunakan. Dilakukan pengujian kemampuan pada setiap komponen yang digunakan dengan hasil pengujian yang didapat adalah jarak maksimum sensor api dalam mendeteksi adalah 70cm untuk sumber yang sejajar sensor dan jarak 30cm di semua sudut, perubahan suhu dan kelembapan dalam ruangan akan terbaca oleh sensor DHT22, sensor PIR membutuhkan koneksi internet stabil karena masih terdapat delay dengan rata-rata sebesar 1,25 detik dari 8 kali pengujian, sensor asap (MQ2) menampilkan nilai yang bervariasi lantaran kuantitas dari asap yang tidak bisa diatur dalam suatu ruangan, kuat suara yang dihasilkan buzzer sudah mencapai nilai minimal dari standar alarm kebakaran yaitu 65dB, dan ESP32CAM mampu menghasilkan gambar yang baik karena wajah, postur tubuh dan barang-barang di gudang dapat terlihat di berbagai kondisi pencahayaan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diketahui bahwa alat yang dibuat sudah bekerja dan berfungsi sesuai dengan yang dirancang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Ditheosvi Alvira Gusti
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:17
Last Modified: 08 Feb 2023 02:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item
View Item