METODE PENGIRIMAN DATA SENSOR LIMBAH CAIR DENGAN MENGGUNAKAN HTTP REQUESTS KEPADA SERVER

2103433020, Hibatullah Micky Sukmana (2023) METODE PENGIRIMAN DATA SENSOR LIMBAH CAIR DENGAN MENGGUNAKAN HTTP REQUESTS KEPADA SERVER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (435kB)

Abstrak

Limbah cair tambang batu bara dapat menimbulkan dampak negatif kepada lingkungan jika tidak diolah dengan benar. Berdasarkan peraturan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, limbah yang dihasilkan oleh industri tambang batu bara harus dimonitor dan dilaporkan parameter nya. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem data logger untuk mengukur parameter limbah cair tambang batu bara dan mengirimkan data pengukuran kepada server kementrian lingkungan hidup dan kehutanan. Sistem ini di rancang dengan menggunakan tiga sensor yaitu, sensor PH, sensor TSS, dan sensor level. Data pengukuran sensor akan diproses oleh raspberry pi dan dikirimkan kepada endpoint API milik KLHK dan web dashboard dengan menggunakan metode POST pada Http Requests. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, device memiliki rata-rata tingkat keberhasilan pengiriman sebesar 99.96% dengan presentase packet loss nya sebesar 0.04%. pengujian dilakukan dalam waktu 24 jam selama satu minggu atau tujuh hari. Selain itu, device dapat beroperasi secara normal dengan gangguan yang sudah diuji diantaranya adalah: medan listrik sebesar 340V/m dan gangguan suhu sebesar 48˚C. Device ini sudah lolos uji konektivitas dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 6 oktober 2022.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 622 Teknik tambang dan teknik pertambangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Hibatullah Sukmana
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:21
Last Modified: 08 Feb 2023 02:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item
View Item