RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARAAN PRODUCT LAUNCH EVENT OLEH CV TRIWANA ANDALAN JAYA

1805413040, Alifia Syalsha Fadhila and 1805413079, Hashifa Inara Qatrunnada and 1805413087, Reyfa Syahira Isnaini (2022) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARAAN PRODUCT LAUNCH EVENT OLEH CV TRIWANA ANDALAN JAYA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 sd Bab 6] Text (Isi Bab 3 sd Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

CV Triwana Andalan Jaya berdiri pada bulan Agustus tahun 2022 yang didirikan oleh tiga orang yaitu Hashifa Inara, Reyfa Syahira, Alifia Syalsha. Core product (produk utama) yang dimiliki adalah product launch event dengan supporting product (produk pendukung) berupa jasa brand activation event. Usaha ini termasuk ke dalam kategori usaha dengan nomor KBLI 8230 (Jasa Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi, Pameran, dan Jasa Penyelenggara Event Khusus). Lokasi kantor perusahaan berada di Beltway Office Park, Tower B Lt. 5, Jl. Letjen TB Simatupang No. 41, Jakarta Selatan.
Segmentasi pasar CV Triwana Andalan Jaya adalah perusahaan di bidang otomotif dan keuangan yang berada di Jakarta kelas menengah ke atas, dengan omzet sebesar Rp 2.5 - Rp 50 miliar per tahun dan aset Rp 500 juta - 10 miliar,
mengetahui pentingnya penyelenggaraan product launch event serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengembangkan produknya.
Targeting yang dibidik yaitu perusahaan yang memiliki usaha di bidang otomotif dan keuangan. Positioning perusahaan yaitu memiliki posisi produk yang berorientasi terhadap sales atau penjualan klien dan menyediakan konsep fun experience untuk menarik calon pengunjung.
Strategi pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran (marketing mix) dengan variabel 7P diantaranya product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Strategi promosi menggunakan teknik below the line yang meliputi aktivitas direct marketing melalui email marketing, website, dan media sosial, serta personal selling dengan menawarkan langsung kepada calon konsumen secara dua arah, yaitu bertatap muka dan bersifat individual.
Proyeksi penjualan CV Triwana Andalan Jaya yaitu core product sebanyak 5 kali penyelenggaraan dan supporting product sebanyak 5 kali penyelenggaraan di tahun pertama (2023), 7 core product dan 7 supporting product di tahun kedua (2024), serta 9 core product dan 2 supporting product di tahun ketiga (2025).
Sumber pendapatan perusahaan berasal dari 2 (dua) sumber, 1 (satu) dari core product (produk utama) dan 1 (satu) dari supporting product (produk pendukung), yaitu biaya margin (keuntungan) dari Harga Produk Penjualan (HPP). CV Triwana Andalan Jaya menetapkan keuntungan sebesar 15% dari setiap transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan klien.
Modal awal CV Triwana Andalan Jaya berasal dari investasi yang diberikan oleh tiga orang pendiri perusahaan yang berjumlah Rp100.000.000,- (seratus juta rupiah). Selain menganalisa kondisi pasar, perusahaan juga melakukan analisa kondisi keuangan selama 3 (tiga) tahun mendatang dengan cara melakukan analisis kelayakan usaha menggunakan metode Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Rate of Investment (ROI), dan Profitability Index (PI).
Melalui perhitungan analisis Payback Period (PP), dapat diketahui bahwa modal awal akan terkumpul kembali dalam jangka waktu 1 (satu) tahun 3 (tiga) 3
bulan 7 hari. Pada perhitungan Net Present Value (NPV), nilai yang diraih adalah Rp141.819.945,- (serratus empat puluh satu juta delapan ratus sembilan belas sembilan empat puluh lima rupiah). Selanjutnya, pada perhitungan analisis Internal Rate of Return presentase yang diraih sebesar 12,00%. Melalui perhitungan Return on Investment, presentase yang diraih oleh perusahaan selama 3 (tiga) tahun, yaitu ditahun pertama mencapai 77%, tahun kedua 42%, dan tahun terakhir 82%. Analisis terakhir yang digunakan adalah Profitability Index (PI) yang diraih oleh CV Triwana Andalan Jaya sebesar 2,41819945. Berdasarkan seluruh analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari sisi keuangan, perusahaan memenuhi persyaratan
dalam penilaian kelayakan usaha.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Reyfa Syahira Isnaini
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:30
Last Modified: 09 Dec 2022 04:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9829

Actions (login required)

View Item
View Item