PERANCANGAN DAN PERHITUNGAN RANGKA FRAME BASE CAR TERHADAP LADLE TRANSFER CAR PADA PROSES DISTRIBUSI TRANSFER MATERIAL CAIRAN ALUMINIUM

1902311060, Hilmi Humada (2022) PERANCANGAN DAN PERHITUNGAN RANGKA FRAME BASE CAR TERHADAP LADLE TRANSFER CAR PADA PROSES DISTRIBUSI TRANSFER MATERIAL CAIRAN ALUMINIUM. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen Tugas Akhir] Text (Halaman identitas dokumen Tugas Akhir)
Hilmi Humada_Halaman identitas dokumen Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s.d BAB 4 isi Tugas Akhir] Text (BAB 2 s.d BAB 4 isi Tugas Akhir)
Hilmi Humada_BAB 2 s.d BAB 4 isi Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Hilmi Humada_Manuskrip artikel ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (572kB)

Abstrak

Ladle transfer car merupakan alat pengantar cairan logam baja yang digunakan dalam industri pengecoran logam. Proses distribusi transfer material cairan logam diperlukan untuk menunjang proses produksi terhadap mesin-mesin yang membutuhkan bahan baku dari cairan logam seperti cairan aluminium pada industri casting. Setelah aluminium dilebur di dalam tungku melting, cairan dituang ke dalam ladle transfer kemudian diangkut oleh hoist crane dan didistribusikan menuju tungku holding pada setiap mesin gravity casting. Penggunaan hoist crane dalam proses distribusi cairan aluminium masih memakan waktu lama yang dapat menyebabkan pendinginan cairan aluminium dan kesulitan pengoperasian oleh operator. Solusi agar proses distribusi material menjadi lebih efisien adalah dengan merancang ladle transfer car. Perancangan alat didasarkan dari analisis kebutuhan industri dengan mengedepankan safety dalam operasional serta mudah dalam perawatan. Salah satu desain memiliki fitur penuangan menggunakan motor listrik yang terpasang pada frame sehingga cairan dapat dituangkan dengan cara yang lebih praktis. Analisis terhadap desain frame base car juga dilakukan untuk mengetahui agar rangka mampu menahan beban sebesar 11738,9403 N dari berat sub assembly frame ladle transfer dan cairan aluminium. Hasil perhitungan teoritis dan simulasi menggunakan solidworks dalam pemberian beban terhadap rangka, dinyatakan aman karena nilai tegangan maksimal masih berada di bawah nilai yield strength material.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Hilmi Humada
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:44
Last Modified: 17 Oct 2022 02:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9598

Actions (login required)

View Item
View Item