Elvari, Naila and Nugrarestita, Namira Dita Arifah and Hamidah, Nur Wanda (2022) RANCANGAN USAHA PLATFORM BERBASIS WEBSITE PENYEDIA JASA SUMBER DAYA MASTER OF CEREMONY (MC) OLEH CV NARAWANTAH KREATIF. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup).pdf
Download (6MB)
Text (Isi Bab 3 s.d Bab 6).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (23MB)
Abstrak
Kebutuhan penyelenggara event akan hadirnya seorang MC/Pembawa Acara nyatanya sangat besar. Pada saat Covid-19 melanda seluruh dunia, MC/Pembawa Acara dari berbagai macam jenis acara online tetap dibutuhkan untuk membangun suasana tertentu sehingga audience dapat menikmati acara. CV Narawantah Kreatif melihat adanya peluang dalam bisnis penyedia sumber daya Master of Ceremony (MC) dan berencana meluncurkan platform penyedia jasa MC berbasis website bernama MCrophone. MCrophone menawarkan sebuah sistem MC booking yang menyediakan database MC dengan berbagai fitur untuk mempermudah klien dalam menemukan MC sesuai dengan kebutuhannya.
Target pasar yang dibidik oleh CV Narawantah Kreatif adalah Event Organizer, Wedding Organizer, PEO, PCO, Promotor, Organisasi, Corporate, Government, Perorangan (personal) di wilayah Jabodetabek yang membutuhkan sumber daya berupa MC untuk memandu event yang mereka selenggarakan. Berdasarkan riset terhadap 101 responden, seluruhnya menganggap pemilihan MC yang tepat untuk event yang diselenggarakannya merupakan hal yang penting, 94% di antaranya tertarik akan adanya platform MCrophone untuk membantu yang bersangkutan memilih MC yang tepat sesuai kebutuhannya.
Dalam perekrutan Sumber Daya Manusia, CV Narawantah Kreatif akan merekrut 1 orang staf IT pada tahun ke-2 dan 1 orang staf pemasaran pada tahun ke-3 MCrophone diluncurkan. SDM yang direkrut perusahaan sudah melalui beberapa proses dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Sumber pendapatan CV Narawantah Kreatif berasal dari 2 sumber yakni Commission fee dari MC Booking dan Subscription Fee. Modal awal CV Narawantah Kreatif sejumlah Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah). CV Narawantah Kreatif juga telah menganalisa kondisi keuangan perusahaan mulai tahun 2022 hingga 2025. Dari analisa Payback Period (PP), diketahui modal investasi akan kembali dalam 1 tahun 7 bulan 5 hari, kemudian Net Present Value (NPV) adalah sebesar Rp123.504.402. Dari perhitungan IRR diketahui bahwa usaha ini memiliki Internal Rate of Return (IRR) yang lebih besar yaitu 57,73% dibandingkan dengan tingkat diskonto minimal yaitu 8%. Melalui perhitungan Return on Investment (ROI) diketahui persentase yang diraih dalam 3 tahun yakni 55%, 34%, dan 38%. Selain itu menurut perhitungan Profitability Index (PI) usaha CV Narawantah Kreatif dikatakan layak karena memiliki PI sebesar 2,2.
Berdasarkan analisa pasar, analisa pesaing, analisa keuangan, serta analisa risiko usaha yang telah dilakukan oleh CV Narawantah Kreatif, dapat disimpulkan bahwa usaha yang kami susun layak untuk dijalankan dan dapat bersaing dengan pesaing dengan bidikan pasar yang sama.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Namira Nugrarestita |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 04:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 04:14 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9484 |