RANCANGAN USAHA E-COMMERCE PLATFORM PENYEWAAN VENDOR EVENT “FINDOR” OLEH PT HUTAMA EVENT SOLUTION

1805413050, Avidanty Azzahra (2022) RANCANGAN USAHA E-COMMERCE PLATFORM PENYEWAAN VENDOR EVENT “FINDOR” OLEH PT HUTAMA EVENT SOLUTION. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarat.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 sd Bab 6] Text (Isi Bab 3 sd Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf

Download (2MB)

Abstrak

PT Hutama Event Solution berdiri pada bulan September 2022 yang didirikan oleh tiga orang yaitu Avidanty Azzahra, Hanifah Firyal, dan Shafa Putri Yeridzka. Produk utama yang dimiliki adalah paket membership untuk seller dan buyer dalam e-commerce platform untuk penyewaan vendor event bernama “Findor”, dengan produk pendukung digital advertising untuk seller dan konsultasi online untuk buyer. Usaha ini termasuk ke dalam kategori usaha dengan nomor KBLI 62012 (Aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet/ E-Commerce). Lokasi kantor perusahaan berada di QP Office Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Segmentasi pasar yang dituju untuk pasar buyer yaitu event organizer, perusahaan, komunitas, asosiasi, mahasiswa, atau lembaga pemerintahan di wilayah Jabodetabek yang menginginkan pemesanan vendor event dengan praktis, efisien, dan terpercaya serta untuk pasar seller yaitu vendor kebutuhan event yang berdomisili di Jabodetabek yang telah berdiri selama >2 tahun dan telah menangani sebanyak >10 events yang dibuktikan dalam portfolio. Targeting pasar buyer adalah penyelenggara event yang menginginkan pemesanan vendor event dengan aman dan mudah sedangkan untuk pasar seller adalah vendor event yang ingin meningkatkan penjualannya melalui media digital. Positioning perusahaan yaitu sebagai penyedia e-commerce platform untuk penyewaan vendor event yang praktis dan efisien dengan fitur yang lengkap, tampilan user yang mudah dipahami, serta metode pembayaran yang aman. Strategi pemasaran yang digunakan adalah marketing mix 7p (product, place, price, people, promotion, process, dan physical evidence). Strategi promosi yang dilakukan menggunakan teknik below the line yang meliputi aktivitas digital markeitng, direct marketing, personal selling, partnership, dan product launching event yang berupa soft launching dan grand launching. Harga jual untuk produk utama Membership Premium Seller sebesar Rp 1.399.000/ tahun dan Membership Reguler Seller sebesar Rp 1.099.000/ tahun. Harga jual untuk produk utama Membership Reguler Buyer sebesar Rp 119.000/ tahun. Dengan harga tersebut calon mitra vendor mendapatkan berbagai keuntungan yang dapat menunjang kegiatan promosi usaha serta buyer dapat mendapatkan akses penuh untuk melakukan pencarian vendor. Proyeksi penjualan untuk membership seller terjual sebanyak 113 pada tahun 2023, 152 membership seller pada tahun 2024, dan meningkat sebanyak 244 membership seller pada tahun 2025. Untuk pasar buyer, perusahaan memproyeksikan sebanyak 1247 transaksi dan 125 membership buyer pada tahun 2023, pada tahun 2024 sebanyak 2494 transaksi dan sebanyak 249 membership buyer, dan pada tahun 2025 meningkat menjadi sebanyak 4675 transaksi dan sebanyak 467 membership buyer terdaftar. Modal awal yang dimiliki untuk mendirikan perusahaan sebesar Rp 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) dengan kepemilikan saham sebesar 45% dimiliki oleh Komisaris, 25% dimiliki oleh Avidanty Azzahra selaku Direktur Utama, 15% dimiliki oleh Hanifah Firyal Noor Halimah selaku Direktur Keuangan dan 15% lainnya dimiliki oleh Shafa Putri Yeridzka selaku Direktur Marketing. Berdasarkan analisis Payback Period (PP), perusahaan akan menerima kembali modal awal pada tahun ke-3, di hari ke-5. Pada perhitungan Net Present Value (NPV) nilai yang diperoleh adalah Rp 201,032,123,- dimana jika NPV > 0, perusahaan layak dijalankan. Profitability Index (PI) yang diperoleh sebesar 2,8 yang artinya perusahaan layak dijalankan karena nilai PI > 1. Pada analisis Return on Investment (ROI), perusahaan mampu mengembalikan persentase laba bersih sebesar 28% di tahun ke-2, sebesar 69% di tahun ke-3 dan sebesar 70% di tahun ke 4. Terkait dengan Internal Rate of Return (IRR), persentase yang diraih adalah 46,92% dengan suku bunga terendah 6% dan suku bunga tertinggi 49%. Berdasarkan seluruh analisis
tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari sisi keuangan perusahaan, PT Hutama Event Solution memenuhi persyaratan dalam penilaian kelayakan usaha.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Avidanty Azzahra
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:37
Last Modified: 13 Jan 2023 10:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item
View Item