PENGARUH E-MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN BAJU MUSLIM DI PASAR TANAH ABANG BLOK F JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

4517030044, Sarah Savira Pakpahan (2022) PENGARUH E-MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN BAJU MUSLIM DI PASAR TANAH ABANG BLOK F JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_Sarah Savira Pakpahan_ABT 8A_4517030044_2022.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d. Bab 4)
BAB II - IV Isi Skripsi_ Sarah Savira Pakpahan_ABT 8A_4517030044_2022.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal_Sarah Savira Pakpahan_ABT 8A_4517030044_2022.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (209kB)

Abstrak

Pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan pertumbuhan penjualan busana muslim. Salah satu tempat yang terkenal dengan penjualan baju muslim adalah Pasar Tanah Abang Blok F Jakarta. Dalam upaya menyiasati penurunan tersebut, para pedagang mulai beralih menggunakan marketplace Shopee. Namun, Shopee masih belum dapat memaksimalkan penjualan mereka. Maka, perlu diketahui bagaimana para pedagang menerapkan strategi pemasarannya melalui Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-marketing mix terhadap penjualan di Shopee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 tahun 2020 sampai dengan 2021. Jumlah sampel berjumlah 100 responden yang diperoleh dari rumus lemeshow dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22.0 for windows. Kemudian, teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji F, Uji T, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa product (X1), place (X3), dan promotion (X4) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penjualan di masa pandemi Covid-19. Sedangkan, price (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan di masa pandemi Covid-19. Variabel yang paling berpengaruh terhadap penjualan pedagang Pasar Tanah Abang Blok F Jakarta adalah place (X4). Oleh karena itu, para pedagang Pasar Tanah Abang Blok F dapat memprioritaskan penerapan place dengan menjaga stok produk, memilih kata kunci/kata pencarian yang tepat, pengiriman lengkap dan dukungan pembayaran, termasuk opsi Cash on Delivery untuk konsumen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Sarah Savira Pakpahan
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:18
Last Modified: 17 Nov 2022 04:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item
View Item