Pengaruh Jarak Tempuh terhadap Penurunan Viskositas Berbagai Merek Pelumas SAE 10w-40 dengan Metode Ostwald

Fadilah, Ikbaar (2022) Pengaruh Jarak Tempuh terhadap Penurunan Viskositas Berbagai Merek Pelumas SAE 10w-40 dengan Metode Ostwald. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of (BAGIAN IDENTITAS (JUDUL, PENDAHULUAN, DAN PENUTUP))] Text ((BAGIAN IDENTITAS (JUDUL, PENDAHULUAN, DAN PENUTUP)))
TUGAS AKHIR IKBAAR FADILAH IDENTITAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of (BAGIAN ISI (BAB II - IV))] Text ((BAGIAN ISI (BAB II - IV)))
TUGAS AKHIR IKBAAR FADILAH ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (900kB)
[thumbnail of (MANUSKRIP ARTIKEL ILMIAH)] Text ((MANUSKRIP ARTIKEL ILMIAH))
5126-11914-1-RV (1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (248kB)

Abstrak

Saat ini, pengguna kendaraan bermotor semakin banyak di Indonesia. Sepeda motor merupakan kendaraan bermotor yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Hal itu menyebabkan kenaikan 7,8% penggunaan sepeda motor pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2018. Namun pengguna sepeda motor seringkali bingung akibat banyaknya merek pelumas yang beredar di Indonesia dengan harga yang beragam. Oleh karena itu penelitian dibuat dengan tujuan mengetahui pengaruh jarak tempuh terhadap penurunan viskositas dan membandingkan nilai viskositas ketiga merek pelumas. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batas kelayakan pakai ketiga merek pelumas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan cara membandingkan nilai viskositas pelumas untuk menentukankualitas pelumas. Viskositas pelumas diukur menggunakan viskometer ostwald atau viskometer pipa kapiler. Hasilnya adalah ketiga pelumas mengalami penurunan sejalan dengan jarak tempuh kendaraan. Pelumas Enduro memiliki nilai viskositas paling tinggi pada setiap pengukuran dan penurunan paling sedikit yaitu 23,5% pada jarak 500 km. Pelumas Castrol Power1 sudah tidak layak ketika viskositasnya kurang dari 23,3 cP. Pelumas merek Revol Racing tidak layak ketika viskositasnya kurang dari 22,67 cP. Sedangkan, pelumas Enduro Racing sudah tidak layak ketika viskositasnya kurang dari 24,8 cP

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Konversi Energi D3
User ID Pengunggah: Ikbaar Fadilah
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:12
Last Modified: 28 Sep 2022 04:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item
View Item