ANALISIS KEMUDAHAN BELANJA, LITERASI KEUANGAN, DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA MAKANAN ONLINE PADA APLIKASI GOJEK (Studi Kasus Generasi Milenial Kota Depok)

1805421016, Alya Daratullaila (2022) ANALISIS KEMUDAHAN BELANJA, LITERASI KEUANGAN, DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA MAKANAN ONLINE PADA APLIKASI GOJEK (Studi Kasus Generasi Milenial Kota Depok). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Judul Pendahuluan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Bab II s.d Bab IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (495kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara parisal dan simultan antara kemudahan belanja, literasi keuangan, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif belanja makanan online pada aplikasi Gojek studi kasus generasi milenial Kota Depok. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen dalam belanja online agar terhindar dari perilaku konsumtif. Metode penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling dan total sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden didapatkan dari rumus Lemeshow. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2, uji T dan Uji F. Model persamaan regresi Y= = 6,056 – 0,047 (X1)+ 0,093 (X2)+ 0,794 (X3)+ e menujukkan penelitian layak digunakan. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial variabel kemudahan belanja (X1) bernilai negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) sebesar 14,21%, variabel literasi keuangan (X2) bernilai positif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) sebesar 27,87%, dan variabel pengendalian diri (X3) bernilai positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) sebesar 48,44%. Hasil analisis koefisiensi determinasi R2 perilaku konsumtif dipengaruhi sebesar 48,7% oleh kemudahan belanja, literasi keuangan, dan pengendalian diri sedangkan 51,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji F secara simultan variabel kemudahan belanja (X1), literasi keuangan (X2), dan pengendalian diri (X3) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y).

Kata Kunci: Kemudahan belanja, Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, Perilaku Konsumtif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Alya Daratullaila
Date Deposited: 03 Nov 2022 16:13
Last Modified: 03 Nov 2022 16:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item
View Item