STUDI KASUS BRAKE PRESSURE DECREASE FASTER PADA PESAWAT BOEING 737-800

1902313015, Maulana Anas Rohman (2022) STUDI KASUS BRAKE PRESSURE DECREASE FASTER PADA PESAWAT BOEING 737-800. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup Tugas Akhir Maulana Anas Rohman.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd  Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Bab 2 - 4 Tugas Akhir Maulana Anas Rohman.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel - Maulana Anas Rohman.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (619kB)

Abstrak

Hydraulic Brake System berfungsi untuk melambatkan dan menghentikan laju pesawat pada saat landing maupun taxi. Berdasarkan data dari pilot report pesawat boeing 737-800, terdapat salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada Hydraulic Brake System yaitu brake pressure decrease faster yang dapat terindikasi dengan melihat indikator brake pressure pada flight deck. Terdapat 21 kasus brake pressure decrease faster pada rentang waktu 1 Januari 2018 hingga 31 Desember 2021 menurut data spreadsheet pilot report. Brake pressure decrease faster disebabkan oleh beberapa faktor seperti brake accumulator problem, parking brake shutoff valve problem, dan tube connection leak. Berdasarkan data yang sudah diolah dengan fishbone diagram, diketahui faktor utama penyebab brake pressure decrease faster adalah brake accumulator problem. Brake accumulator adalah komponen yang memiliki fungsi utama untuk memberi pressure saat pesawat dalam keadaan di parkir dan hydraulic system tidak mengirimkan pressure sama sekali. Jika brake accumulator tidak dapat berfungsi secara normal, maka akan mengakibatkan terganggunya kinerja hydraulic brake system dalam memberikan pressure untuk pengereman pesawat. Untuk menangani masalah tersebut diperlukan maintenance action yang tepat yaitu servicing brake accumulator atau penggantian komponen brake accumulator dengan menggunakan aircraft maintenance manual sebagai referensi untuk servicing dan mengganti komponen tersebut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 627 Teknik hidrolik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Maulana Anas Rohman
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:07
Last Modified: 28 Sep 2022 04:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item
View Item