STUDI KASUS PENYEBAB APU LOW OIL PRESSURE PADA PESAWAT B737-800

1902313002, Muhammad Ridwan Firdaus (2022) STUDI KASUS PENYEBAB APU LOW OIL PRESSURE PADA PESAWAT B737-800. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s/d Bab 4)
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel - Muhammad Ridwan Firdaus.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (573kB)

Abstrak

Auxiliary power unit (APU) adalah mesin turbin gas yang memiliki poros tunggal dan beroperasi pada kecepatan konstan. APU menggerakkan generator listrik, kompresor pneumatik, dan gearbox reduksi. APU memberi suplai udara bertekanan dan juga energi listrik untuk pesawat, udara bertekanan ini disuplai oleh compressor untuk kebutuhan air conditioning dan starting engine, APU juga memberi suplai energi listrik yang dihasilkan oleh generator yang terhubung dengan APU melalui accessory gearbox untuk menyuplai kebutuhan listrik pada pesawat. Berdasarkan laporan pilot, ditemukan salah satu masalah yang sering terjadi pada APU yaitu low oil pressure yang dapat diketahui dari lampu low oil pressure yang menyala pada panel indikator di cockpit yang mengakibatkan APU protective shutdown dan bisa mengakibatkan tertundanya waktu keberangkatan pesawat. Oleh karena itu, dilakukan studi kasus untuk mengetahui penyebab dan cara perawatan APU low oil pressure. Metode yang digunakan adalah studi literatur, konsultasi, dan observasi lapangan. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan diagram fishbone guna mengidentifikasi dan mengetahui penyebab terjadinya kasus low oil pressure pada APU. Berdasarkan hasil analisa, APU low oil pressure disebabkan oleh rusaknya komponen low oil pressure switch, kotor atau rusak pada bagian konektor low oil pressure switch, kurangnya kuantitas oli, kerusakan pada komponen lube module, dan kebocoran oli. Faktor utamanya yaitu kerusakan pada electrical connector dan komponen low oil pressure switch, hal tersebut menyebabkan proses pendeteksian tekanan pada oli mengalami kekeliruan dan mengakibatkan matinya APU. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan perawatan pada electrical connector atau penggantian komponen low oil pressure switch dengan menggunakan referensi aircraft maintenance manual.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: D3 Muhammad Firdaus
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:29
Last Modified: 06 Oct 2022 02:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item
View Item