ANALISIS PENGARUH PRICE PERCEPTION LAYANAN BI FAST TERHADAP PRICE ACCEPTANCE MELALUI CUSTOMER SATISFACTION APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI

1804421002, Restu Marietha Laras (2022) ANALISIS PENGARUH PRICE PERCEPTION LAYANAN BI FAST TERHADAP PRICE ACCEPTANCE MELALUI CUSTOMER SATISFACTION APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab 1 Pendahuluan, Bab 5 Penutup, dan Lampiran] Text (Judul, Bab 1 Pendahuluan, Bab 5 Penutup, dan Lampiran)
JUDUL PENDAHULUAN PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d 4] Text (Bab 2 s.d 4)
Bab 2 s.d 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (150kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna melalui persepsi harga pada layanan transfer antar bank yang diluncurkan oleh bank sentral Indonesia, yaitu BI Fast. Adapun studi kasus dilakukan pada Livin’ by Mandiri yang menjadi salah satu aplikasi m-banking yang sudah menyediakan fitur layanan BI Fast.
Rumusan masalah berfokus pada kehadiran fitur BI Fast pada aplikasi Livin’ by Mandiri yang menawarkan biaya transfer antar bank hanya Rp 2.500, lebih rendah dari biaya yang tersedia pada layanan sebelumnya. BI Fast sejak peluncuran pun mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal ini didukung oleh penambahan jumlah transaksi harian BI-Fast di Bank Mandiri tercatat menembus 40 juta transaksi dengan nilai transaksi lebih dari Rp61 triliun. Oleh karena itu, fenomena hadirnya BI Fast menjadi penting untuk diteliti agar mengetahui penyebab peningkatan tersebut yang diduga berasal dari kepuasan pengguna terhadap harga yang ditawarkan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data structural equation modelling dengan AMOS sebagai alat bantu analisis. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 288 responden dengan kriteria merupakan pengguna aplikasi Livin By Mandiri yang pernah menggunakan fitur BI Fast dan data sekunder yang diperoleh melalui tinjauan literatur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price confidence dan price fairness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan price reliability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, ditemukan dampak dari kepuasan pengguna yang berpengaruh signifikan terhadap penerimaan harga.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Restu Marietha Laras
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:28
Last Modified: 05 Sep 2022 04:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item
View Item