Peluang, Tantangan, dan Strategi Edukasi Pasar Modal Melalui Media Sosial

1804441021, Rizka Ismi Khoiriah (2022) Peluang, Tantangan, dan Strategi Edukasi Pasar Modal Melalui Media Sosial. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d. Bab 4)
Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (478kB)

Abstrak

Seiring dengan peningkatan jumlah investor di pasar modal Indonesia dan jumlah pengguna media sosial, terdapat peningkatan pula dalam hal penipuan, misalnya penipuan/ rekomendasi menyesatkan dari influencer mengenai investasi. Hal tersebut menjadi tugas bersama Bursa Efek Indonesia, pengguna media sosial, dan social media influencer untuk bersama-sama memberantas dan melakukan tindakan preventif melalui kegiatan edukasi. Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan peluang yang ada di media sosial sebagai sarana edukasi, serta merumuskan strategi edukasi yang tepat melalui media sosial dan kualifikasi social media influencers di bidang pasar modal yang layak diikuti di media sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten (content analysis). Subjek penelitian yang merupakan influencer pasar modal di media sosial dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur (in-depth interviews), dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi terkait program edukasi yang lebih efektif melalui media sosial, gambaran kualifikasi influencer yang layak diikuti oleh investor maupun calon investor, dan gambaran mengenai peluang serta tantangan media sosial bagi para influencer maupun calon influencer.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.M. Rizka Ismi Khoiriah
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:49
Last Modified: 05 Sep 2022 06:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8594

Actions (login required)

View Item
View Item