PEMBUATAN ASSET OBJEK 2D DAN 3D PADA APLIKASI CULTECH

1807433029, Dimas Satria Nandiwardhana (2022) PEMBUATAN ASSET OBJEK 2D DAN 3D PADA APLIKASI CULTECH. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
judul, pendhuluan, dan penutup.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Isi, Bab II sd Bab IV] Text (Isi, Bab II sd Bab IV)
isi, bab II sd bab IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip DimasSatriaN.pdf] Text
Manuskrip DimasSatriaN.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Materi pembelajaran bangunan bersejarah di Indonesia bagi siswa sekolah dasar terkhusus SDK Ignatius Slamet Riyadi hanya melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan buku dan internet saja. Karena itu proses pembelajaran yang monoton bisa meningkatkan rasa bosan yang akan berpengaruh terhadap kualitas belajar. Berdasarkan hasil kuisioner, didapatkan kesimpulan bahwa siswa mengetahui beberapa bangunan bersejarah yang ada di Indonesia tetapi jarang atau belum pernah mengunjunginya, hanya sebatas melihat melalui foto atau video. Untuk menarik minat dan menambah semangat siswa dalam mempelajari sejarah Indonesia, maka dibuatlah media edukasi interaktif dalam bentuk aplikasi yang menggunakan fitur augmented reality dan animasi sehingga kegiatan belajar menjadi lebih berfariasi. Media edukasi interaktif ini dibuat dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Asset 2D, 3D serta Dubbing sangatlah dibutuhkan dalam menunjang kebutuhan aplikasi dalam menampilkan serta menggambarkan objek dari bangunan bersejah. Berdasarkan hasil beta testing siswa dengan jumlah 30 responden yang dilakukan pada tanggal 29 Juli 2022 mendapatkan rata-rata penilaian 84,14% dari 10 penyataan yang diajukan pada form penilaian. Sedangkan berdasarkan hasil dari beta testing oleh ahli 2D dan ahli 3D menghasilkan penilaian bahwa bentuk dari pakaian adat 2D dapat merepresentasikan pakaian adat dengan jelas serta ukuran dan warna dari bangunan 3D sudah menyerupai bangunan aslinya. Namun ada beberapa hal yang masih perlu dikembangkan lagi seperti detail aksesoris pada pakaian adat 2D dapat dibuat lebih familiar terhadap anak, dan hasil rendering sekaligus lighting pada objek 3D masih kurang bagus dan butuh penyesuaian lebih lanjut.

Kata Kunci: Asset 3D, Asset 2D, Dubbing, Media Edukasi Interaktif, MDLC, Bangunan bersejarah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Dimas Satria N
Date Deposited: 02 Sep 2022 10:02
Last Modified: 02 Sep 2022 10:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8542

Actions (login required)

View Item
View Item