PEMBUATAN ASSET 3D PADA APLIKASI VIRTUAL TOUR PERUMAHAN AGRAPANA ESTATE DENGAN MENGGUNAKAN KINECT SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BERBASIS DESKTOP

1807433004, Dhimas Prayogo Pangestu (2022) PEMBUATAN ASSET 3D PADA APLIKASI VIRTUAL TOUR PERUMAHAN AGRAPANA ESTATE DENGAN MENGGUNAKAN KINECT SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BERBASIS DESKTOP. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (480kB)

Abstrak

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang terkena dampak COVID-19, pemerintah Indonesia menerapkan strategi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran COVID-19. Dampak wabah COVID-19 tidak hanya merugikan sector kesehatan tapi berbagai sektor seperti sektor pemasaran property yang signifikan di Indonesia. Teknologi multimedia semakin maju, dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat dalam membantu mereka bekerja dan menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat yang digunakan dalam teknologi adalah komputer. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, maka dilakukan inovasi pembuatan virtual tour menggunakan kinect dengan menerapkan metode pengembangan Multimedia Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahapan, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Untuk menunjang virtual tour tersebut, diperlukan berupa aset 3D seperti model rumah, interior, dan environment. Aplikasi virtual tour memungkinkan calon pembeli untuk berinteraksi dengan melihat contoh bangunan tempat tinggal yang sedang dipasarkan seolah-olah sedang melakukan survei lokasi dimana properti tersebut dibangun. Informasi yang diperoleh sangat bermanfaat bagi calon pembeli, karena dapat mengetahui bentuk realistis dari rumah yang ditawarkan mulai dari desain interior hingga environment dan mendapatkan pengalaman visual yang menarik. Pada hasil pengujian beta terhadap responden mendapatkan nilai rata-rata presentase 90% yang berada interval skala likert sangat baik.

Kata Kunci: pemasaran properti,multimedia, virtual tour, 3d modelling, visual

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Dhimas Prayogo Pangestu
Date Deposited: 02 Sep 2022 10:01
Last Modified: 02 Sep 2022 10:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8540

Actions (login required)

View Item
View Item