PONDASI BORED PILE DIEVALUASI DENGAN PILE DRIVING ANALIYZER (PDA) PADA PROYEK JALAN TOL CIBITUNG-CILINCING SEKSI I (Studi kasus: Titik Abutmen A1 Flyover-Kalimalang)

4117010006, M. Hidayatullah Syahbid (2021) PONDASI BORED PILE DIEVALUASI DENGAN PILE DRIVING ANALIYZER (PDA) PADA PROYEK JALAN TOL CIBITUNG-CILINCING SEKSI I (Studi kasus: Titik Abutmen A1 Flyover-Kalimalang). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JUDUL, PENDAHULUAN & PENUTUP.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Tugas Akhir (BAB 2, 3 4 & 5)] Text (Isi Tugas Akhir (BAB 2, 3 4 & 5))
BAB 2, 3, 4 & 5.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
ARTIKEL JURNAL_M Hidayatullah Syahbid.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 merupakan bagian Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2). Salah satu bagian pekerjaan pada ruas tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 yaitu flyover Kalimalang. Struktur bawah flyover Kalimalang ini menggunakan pondasi bored pile. Pondasi bored pile adalah pondasi tiang yang pemasangannya dilakukan dengan mengebor tanah terlebih dahulu, kemudian diisi tulangan yang telah dirangkai dan dicor beton. Pondasi dirancang untuk menahan gaya vertikal dan horizontal, serta memiliki penurunan yang kurang dari penurunan yang diizinkan agar mampu menopang beban diatasnya. Tujuan tugas akhir ini untuk menghitung daya dukung pondasi bore pile dengan empat metode, penurunan tiang bor, dan analisis penurunan tiang bor dengan mengunakan software PLAXIS kemudian dibandingkan dengan hasil PDA test. Hasil perhitungan daya dukung ultimit pondasi bore pile dengan empat metode didapatkan hasil yang mendekati yaitu sebesar 1316,86 ton dengan selisih 10 % dari hasil PDA test = 1457 ton. Sedangkan untuk perhitungan penurunan tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 11,67 mm dengan selisih 0,26 % serta untuk analisis PLAXIS penurunan tiang didapatkan sebesar 4,08 mm dengan selisih 65,13 % dari hasil uji PDA test = 11,7 mm. Hasil dari interpretasi PDA test menunjukkan bahwa kondisi tiang baik serta intact (utuh) dan tidak mengalami kerusakan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 691 Material bangunan, bahan bangunan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: M. Hidayatullah Syahbid
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:46
Last Modified: 02 Sep 2021 04:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item
View Item