Pembuatan UI, Aset 3D dan Animasi 2D pada Game Edukasi 3D “MathRoom” Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas 5 SD

1807433015, Lintang Kirana Putri Hartanto (2022) Pembuatan UI, Aset 3D dan Animasi 2D pada Game Edukasi 3D “MathRoom” Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas 5 SD. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanPenutup.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2Bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (782kB)

Abstrak

Sejak terjadinya pandemi COVID-19 pada bulan Maret 2020, mempengaruhi aspek pendidikan di Indonesia sehingga instansi pendidikan beradaptasi untuk menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi adalah game. Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa SD kelas 5 yaitu materi bilangan pecahan . Penelitian ini bertujuan untuk membuat UI, Aset 3D dan Animasi 2D yang dapat digunakan pada Game Edukasi 3D Mathroom untuk siswa kelas 5 SDI Sinar Cendekia. Penelitian ini berhasil membuat aset UI, Aset 3D serta Animasi 2D. Hasil pengujian yang dilakukan kepada 40 siswa kelas 5 SDI Sinar Cendekia didapat jumlah rata - rata 93,5% menyetujui bahwa tampilan UI sudah menarik, 92,5% menyetujui bahwa bentuk aset 3D mudah dikenali, 94% menyetujui warna serta tekstur sudah menarik, 100% menyetujui animasi 2D sudah menarik, 85% menyetujui bahwa gambar animasi sudah terlihat jelas, 77,5% menyetujui bahwa pergerakan karakter 3D sudah terlihat realistis. Hasil akhir dari penelitian adalah aplikasi game yang dapat dijalankan di Laptop atau PC.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Lintang Hartanto
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:09
Last Modified: 02 Sep 2022 01:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8415

Actions (login required)

View Item
View Item