Rancang Bangun Car Engine Health Monitoring System dengan Human Machine Interface berbasis LabVIEW(PROTOTYPE CAR ENGINE HEALTH MONITORING SYSTEM)

4317020016, Refo Putra Prasetyo (2021) Rancang Bangun Car Engine Health Monitoring System dengan Human Machine Interface berbasis LabVIEW(PROTOTYPE CAR ENGINE HEALTH MONITORING SYSTEM). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of judul,pendahuluan, dan penutup] Text (judul,pendahuluan, dan penutup)
Refo putra p cover dan penutup .pdf

Download (850kB)
[thumbnail of isi bab 2 sampai bab 4] Text (isi bab 2 sampai bab 4)
Refo Putra bab 2 dan 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (979kB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
FIX - Jurnal TA REFO (1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (443kB)

Abstrak

Car Engine Health Monitoring System atau Sistem Monitoring Kesehatan Mesin Mobil (CEHMS) sebuah alat yang dirancang untuk memonitoring dan mereporting kesehatan mesin mobil. Monitoring ini dilakukan untuk mengamati kondisi mesin pada saat digunakan agar tidak ada kerusakan yang terjadi pada mobil, monitoring ini dilakukan dengan memonitoring parameter RPM (Revolution Per Menit), kecepatan, dan temperatur ketiga parameter tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi kondisi mobil dalam keadaan normal sehingga ketiga parameter ini cukup penting pada kesehatan mobil. Dalam monitoring kesehatan mesin mobil di monitoring dengan software LabVIEW yang dapat menyimpan hasil data dalam bentuk excel. Dalam pengambilan data monitoring kesehatan mesin mobil dibantu dengan komponen Arduino UNO R3 dan Can BUS shield yang berfungsi untuk membaca CAN yang berada pada Socket OBD II pada mobil. Dalam hasil pengukuran data ini data parameter memiliki nilai yang cukup baik dan data pada pada kendaraan tersebut memiliki nilai yang tidak melebihi batas batas yang sudah ditetapkan oleh setiap kendaraan terlihat temperatur memiliki nilai 83 – 86 ℃ suhu ini tidak melawati batas maxsimalnya yaitu 90 , dan RPM memiliki nilai yang tidak ada kenaikan secara berkala dalam pengambilan data terkecuali pada saat pengendara menggunakan AC sehingga RPM akan naik guna untuk membantu mesin bekerja secara maksimal, pada data kecepatan terlihat kecepatan diamana tidak ada dalam kondisi tersendat pada saan trottle gas di injak.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 681 Produksi instrumen presisi dan perangkat lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: S.Tr Refo Putra Prasetyo
Date Deposited: 01 Sep 2021 10:36
Last Modified: 01 Sep 2021 10:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item
View Item