Analisis Implementasi Electronic Customer Relationship Management terhadap Customer Satisfaction Bank BCA (Studi pada Nasabah Bank BCA di Jakarta)

1804421017, Olivia Veronica (2022) Analisis Implementasi Electronic Customer Relationship Management terhadap Customer Satisfaction Bank BCA (Studi pada Nasabah Bank BCA di Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I dan BAB V] Text (BAB I dan BAB V)
Olivia Veronica_1804421017_Skripsi Bagian I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV] Text (BAB II - BAB IV)
Olivia Veronica_1804421017_Skripsi Bagian II.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (658kB)
[thumbnail of Jurnal Bagian Abstrak] Text (Jurnal Bagian Abstrak)
Jurnal SNAM Abstrak_Olivia Veronica.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (40kB)

Abstrak

Maraknya pertumbuhan bank di Indonesia menimbulkan ketatnya persaingan antar bank. Kemajuan teknologi pun mendukung hal tersebut sehingga mengharuskan bank menyesuaikan diri dalam persaingan bisnis. Untuk memenangkan persaingan bisnis, bank perlu memiliki strategi yang sesuai dan terstruktur. Electronic Customer Relationhsip Management (E-CRM) hadir sebagai strategi yang diimplementasikan untuk membangun hubungan dengan pelanggan melalui berbagai kemajuan teknologi. E-CRM BCA diaplikasikan dalam berbagai bentuk seperti: automatic customer service, aplikasi, website, hingga akun sosial media.

Penelitian ini menguji pengaruh dari strategi E-CRM yang memiliki indikator kualitas informasi, kualitas layanan, dan keamanan situs. Sebanyak 100 responden telah diperoleh dan memenuhi kriteria penelitian yaitu merupakan nasabah BCA yang berdomisili di Jakarta. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan alat bantu analisis SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini adalah Electronic Customer Relationship Management secara keseluruhan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Indikator kualitas informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan indikator kualitas layanan dan keamanan situs memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Kata-Kata Kunci: CRM; customer satisfaction; E-CRM; keamanan situs; kualitas informasi; kualitas layanan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Olivia Veronica
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:17
Last Modified: 02 Sep 2022 07:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item
View Item