RANCANG BANGUN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF “CulTech” MENGGUNAKAN UNITY 3D PADA SEKOLAH DASAR

1807433010, Danang Rifqi Hidayat (2022) RANCANG BANGUN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF “CulTech” MENGGUNAKAN UNITY 3D PADA SEKOLAH DASAR. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup_1807433010.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab4_1807433010.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip_1807433010.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pembelajaran terkait budaya Indonesia bagi siswa sekolah dasar masih menggunakanbuku sehingga siswa merasa bosan dengan pembelajaran masih menggunakanmedia tulisan yang sederhana. Selain itu, pengalaman untuk mengetahui bangunanbersejarah pada beberapa wilayah yang tidak dapat dikunjungi secara langsungsehingga siswa tidak bisa berpergian untuk melihat secara langsung bangunanbersejarah yang biasa diselenggarakan oleh pihak sekolah melalui acara studytour sebelum masa pandemi. Berdasarkan permasalahan tersebut, pembelajaranmelalui Media Edukasi Interaktif dengan teknologi Augmented Reality yang berisimateri pakaian adat dan bangunan bersejarah diharapkan menjadi sebuah solusi.Teknologi yang digunakan adalah Teknologi Augmented Reality berbasismarkerless sehingga tidak memerlukan gambar marker namun menggunakanbidang datar untuk melakukan scanning. Selain itu, fitur simulasi digunakan untukmempresentasikan objek bangunan bersejarah pada suatu daerah. Dengan begitu,siswa diharapkan dapat lebih mudah untuk memahami objek bangunan bersejarah.Pembuatan media edukatif interaktif ini menggunakan metode pengembanganMultimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian ini yaitu mediaedukasi interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality yang menampilkanpulau Indonesia. Selain itu, fitursimulasi berbasis FPS (First Person Shooter) yangbergerak sesuai dengan arah yang diinginkan siswa untuk melihat bangunanbersejarah yang tersedia dan dapat mengetahui informasi setiap bangunanbersejarah tersebut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Danang Rifqi Hidayat
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:47
Last Modified: 01 Sep 2022 05:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8293

Actions (login required)

View Item
View Item