1803421047, Khairunnisa (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN FILTER FREKUENSI MENGGUNAKAN 3D MODEL AUGMENTED REALITY. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Skripsi_Khairunnisa (1).pdf
Download (3MB)
Isi_Khairunnisa.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Jurnal_Skripsi_Khairunnisa.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (428kB)
Abstrak
Pada jurusan teknik elektro khususnya dibidang telekomunikasi, mahasiswa akan dituntut untuk memahami materi tentang filter frekuensi. Penelitian ini bertujuan membuat suatu aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa teknik elektro untuk melakukan simulasi filter frekuensi. Penerapan Augmented Reality pada penelitian ini menggunakan metode markerless based. Aplikasi Augmented Reality diuji menggunakan 4 parameter. Parameter yang pertama adalah jenis permukaan objek yang digunakan, hasil uji dari pengujian parameter ini adalah jenis permukaan objek tidak akan mempengaruhi pendeteksian yang dilakukan. Parameter kedua adalah intensitas cahaya yang membuat Aplikasi augmented reality bekerja dengan optimal, intensitas cahaya minimal 24 lux. Pada parameter ketiga pengujian spesifikasi RAM yang baik agar suhu handphone tidak mengalami kenaikan yang signifikan saat pengunaan aplikasi, dari hasil uji parameter ini didapat kapasitas RAM yang ideal untuk menjalankan aplikasi ini adalah 6 GB. Dan parameter pengujian hasil simulasi berdasarkan teori, hasil uji parameter ini mendapatkan hasil simulasi yang tidak berbeda jauh dari perhitungan teori.
Kata Kunci: Augmented Reality (AR), filter frekuensi. Markerless
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4 |
User ID Pengunggah: | Khairunnisa Nisa |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:26 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:26 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8260 |