1804421018, Shagi Aprilia Kurniawan (2022) Review Positive VS Review Negative Pada Konten TikTok Bank GSG Terhadap Keputusan Pembelian Produk X (Studi Kasus Generasi Milenial Jabodetabek). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Skripsi (Judul, Pendahuluan, Penutup).pdf
Download (1MB)
Text (Isi Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Text (Manuskrip).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (34kB)
Abstrak
Perkembangan teknologi membuat perbankan harus mengikuti perubahan dalam memasarkan produknya. Perbankan yang berkesan formal harus mengikuti kemajuan teknologi dengan mengiklankan produknya di media sosial. Disisi lain perilaku nasabah dalam mengambil keputusan juga berubah, karena nasabah akan mempertimbangkan masukan atau review yang diberikan olah nasabah yang sudah pernah menggunakan produk di media sosial. Penelitian ini menguji pengaruh review positif dan review negatif produk tabungan X yang diiklankan di TikTok terhadap keputusan nasabah untu membeli produk tabungan X. Responden berjumlah 171 orang dengan syarat sudah pernah melihat review iklan produk tabungan X di TikTok bank GSG. Temuan dari penelitian ini adalah review positif (P-Review) dan review negatif (N-Review) masing-masing mempengaruhi keputusan pembelian nasabah. Tetapi review negatif (N-Review) ternyata lebih mempengaruhi keputusan nasabah untuk membeli produk tabungan dibandingkan dengan (P-Review). Konstruk negatif usefullness, (N_Review) atau kekurangan dari produk menjadi penentu yang paling besar bagi nasabah dalam mengambil keputusan untuk membeli produk. Artinya nasabah secara sadar akan sangat berhati-hati dengan kekurangan produk. Kekurangan produk yang direview dan dimuat di sosial media, membuat nasabah berfikir ulang untuk membeli produk tersebut, karena nasabah tidak ingin mendapat kerugian ketika membeli produk tabungan yang ditawarkan. Disisi lain karena produk tabungan X bukan produk baru bagi nasabah, maka untuk review produk yang positif, volume of reviewnya harus tinggi agar dapat menimbulkan kesan postif bagi nasabah.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4 |
User ID Pengunggah: | Shagi Aprilia Kurniawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:38 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:38 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8152 |