PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMINJAM DI P2P LENDING SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

1804411039, Muadz (2022) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMINJAM DI P2P LENDING SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d. 4)] Text (Isi (Bab 2 s.d. 4))
Isi (Bab 2 s.d. 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (820kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (272kB)

Abstrak

P2P Lending dinilai dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan pelaku UMKM yang menjadi salah satu sasaran sebagai pengguna P2P Lending Syariah untuk memajukan usaha yang dijalankannya. Di Indonesia, pengembangan P2P Lending dengan konsep syariah berupa produk P2P Lending Syariah. Akan tetapi, jumlah perusahaan P2P Lending Syariah yang ada masih terhitung sedikit dan bahkan OJK telah menilai bahwa beberapa perusahaan tersebut ditutup karna dinilai tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan literasi keuangan syariah terhadap minat pelaku UMKM melakukan pinjaman di P2P Lending Syariah dengan dimoderasi oleh promosi yang dilakukan oleh perusahaan P2P Lending Syariah. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yang dibantu dengan software statistik SPSS V26. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada 60 pelaku UMKM di wilayah DKI Jakarta. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial persepsi kemudahaan penggunaan dan literasi keuangan syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat meminjam di P2P Lending Syariah. Hasil lainnya membuktikan bahwa variabel promosi hanya memoderasi hubungan antara variabel literasi keuangan syariah terhadap minat meminjam di P2P Lending Syariah saja, sedangkan pada variabel persepsi kemudahan pengunaan, variabel promosi hanya berperan sebagai prediktor saja.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Muadz -
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:22
Last Modified: 31 Aug 2022 07:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item
View Item