Penerapan Sistem Kendali P, PI, dan PID pada Starter Motor

Nurfebriyana, Fazra (2022) Penerapan Sistem Kendali P, PI, dan PID pada Starter Motor. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas.pdf] Text
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (980kB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip.pdf] Text
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (132kB) | Request a copy

Abstrak

Penerapan sistem kendali P, PI, PID pada motor starter dioperasikan dengan simulasi matlab dengan tujuan untuk menentukan kontrol yang paling sesuai pada fungsi transfer model motor. Metode yang digunakan adalah sistem identifikasi yang harus dilakukan pengambilan data kecepatan motor dalam menentukan nilai transfer function sehingga dapat digunakan untuk tuning PID. Berdasarkan 10 kali pengujian pemodelan motor, didapatkan persentase akurasi terbesar yaitu 76.16% untuk nilai transfer function 0.2594/(s2+0.1461s+0.002575). Perubahan set RPM tidak mempengaruhi nilai transfer function karena perbedaan kecepatan motor tidak mengubah nilai transfer function yang didapatkan dari sistem identifikasi. Hasil pengujian tuning PID yaitu kontrol P dengan Kp = 0.4; kontrol PI dengan Kp = 0.04 Ki = 0.001; dan kontrol PID dengan Kp = 0.63 Ki = 0.002 Kd = 4.2. Dapat disimpulkan bahwa sistem kontrol P, PI, dan PID dapat diterapkan pada model motor starter dan kontrol PID memiliki respon yang paling stabil diantara kontrol P,PI, dan PID.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Fazra Nurfebriyana
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:13
Last Modified: 29 Aug 2022 03:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item
View Item