1801413024, Nadya Putri Damayanti (2022) IMPLEMENTASI METODE PROJECT DEVELOPMENT ROUTEMAP (PDR) PADA PENILAIAN PROYEK KPBU JALAN TOL DI INDONESIA (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
JudulPendahuluandanPenutup.pdf
Download (676kB)
IsiBab2sdBab4+Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (5MB)
Artikel.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (651kB)
Abstrak
Ketersediaan infrastruktur jalan merupakan salah satu aspek penting guna mempercepat proses pembangunan nasional di Indonesia. Dengan segala keterbatasan fiskal dalam mebiayai kebutuhan penyediaan infrastruktur yang besar, maka diperlukan sebuah strategi pendanaan yang optimal untuk mencapai sasaran pembangunan yaitu melalui alternatif pembiayaan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) guna menjembatani kesenjangan pembiayaan melalui investasi.
Proyek Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap merupakan salah satu proyek yang telah ditetapkan pengusahaanya dengan skema KPBU. Namun, dalam realisasinya investasi infrastruktur merupakan hal yang kompleks, sehingga dibutuhkan proses penyiapan dan perencanaan proyek KPBU yang berkualitas agar tujuan proyek dapat dicapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kompleksitas pelaksanaan dan kapabilitas pemangku kepentingan pada proyek. Pada penelitian ini digunakan metode Project Development Routemap yang dilakukan dengan mengumpulkan data proyek, melakukan asesmen kompleksitas dan kapabilitas kepada stakeholder, menganalisis gap kapabilitas yang terjadi pada proyek, serta mengembangkan rekomendasi dan action plan sebagai output penelitian.
Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa proyek Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap merupakan proyek dengan kompleksitas yang tinggi dan kapabilitas dari setiap area stakeholder meliputi Sponsor (Pemerintah), Client (BUJT), Asset Manager (Operator), dan Market (Penyedia Jasa) saat ini berada pada Tipe 2, yang berarti organisasi yang terlibat sudah bekerja secara tepat, namun masih terdapat area yang harus diperbaiki. Sedangkan kapabilitas yang sebenarnya dibutuhkan berada pada Tipe 3. Didapatkan temuan bahwa terdapat 6 area yang membutuhkan perbaikan, dan 3 praktik yang sudah sesuai dan harus dilanjutkan, serta 1 temuan yang perlu diperhatikan.
Kata Kunci: KPBU; Kapabilitas; Kompleksitas; KPBU; Penyiapan dan Perencanaan Proyek; Project Development Routemap
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Nadya Putri |
Date Deposited: | 27 Aug 2022 01:53 |
Last Modified: | 27 Aug 2022 01:53 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/7119 |