PEMBUATAN ASET VISUAL PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF PUSAT BERBASIS SIMULASI 3D UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

4617040005, Ika Nur Ainina Rizkika (2021) PEMBUATAN ASET VISUAL PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF PUSAT BERBASIS SIMULASI 3D UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanPenutup.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi skripsi dari BAB 2 sampai BAB 4] Text (Isi skripsi dari BAB 2 sampai BAB 4)
Bab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Jurnal] Text (Manuskrip Jurnal)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (422kB)

Abstrak

Seiring dengan kemajuan zaman, maka semakin canggih pula teknologi yang ada. Kemajuan teknologi ini berdampak pada segala bidang termasuk pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi, pendidikan bisa lebih menarik minat siswa dan lebih interaktif. Terlebih lagi saat pandemi, dimana semua bidang memerlukan inovasi teknologi agar kegiatan dapat bejalan kembali. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah media pembelajaran berbasis simulasi 3D, yang dapat diakses oleh siswa dari rumah saat proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. Materi sistem saraf pusat adalah salah satu materi dalam mata pelajaran biologi yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga siswa sering merasa kesulitan dalam mempelajari hal tersebut. Maka dari itu, dengan memanfaatkan teknologi, kami mengembangkan media pembelajaran sistem saraf pusat berbasis simulasi 3D. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah membuat aset visual dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai aset pendukung untuk animasi dan simulasi 3D pada media pembelajaran sistem saraf pusat untuk siswa sekolah menengah atas. Aset visual yang dibutuhkan berupa aset 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai aset pendukung untuk melengkapi penjelasan pada animasi 3D materi dan Simulasi 3D. Pembuatan aset visual tersebut mengikuti metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengujian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada ahli dan responden dan juga pre-test dan post-test terhadap beberapa responden untuk mengetahui penyampaian materi. Berdasarkan hasil pengujian, sebesar 87% responden menyatakan bahwa aset visual 2 dimensi dan 3 dimensi sudah menarik, sesuai dan dapat dijadikan aset pendukung dalam animasi 3D materi dan simulasi 3D.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
500 – Ilmu Pengetahuan > 570 Biologi > 570 Biologi
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Ika Nur Ainina Rizkika
Date Deposited: 27 Aug 2021 10:01
Last Modified: 27 Aug 2021 10:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item
View Item