PERBANDINGAN METODE REESE & WRIGHT (1977) DAN METODE SKEMPTON (1966) DALAM MENENTUKAN DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI TIANG BOR

1801413021, Tulus Sebastian Gerraldo (2022) PERBANDINGAN METODE REESE & WRIGHT (1977) DAN METODE SKEMPTON (1966) DALAM MENENTUKAN DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI TIANG BOR. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Penahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Penahuluan, dan Penutup)
Judul,Pendahuluan - Penutup.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2-4 dan Lampiran] Text (Bab 2-4 dan Lampiran)
Bab 2 - 4, dan Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Fondasi merupakan suatu komponen penting dalam struktur bangunan khususnya pada jembatan, dengan fungsinya untuk menahan beban struktur diatasnya. Berdasarkan hasil analisis daya dukung fondasi dengan diameter 100 cm dan kedalaman 14 meter didapat nilai dayaadukunggtianggtunggalssebesar 389,82 tonddengan metode Reese & Wright dan 349,13 ton dengan metode Skempton. Pada analisis daya dukunggtiang grupdidengannkonfigurasi 7 x 2 tiang didapattnilaiiidayaadukunggsebesar 4538,22 ton untuk tiang Reese & Wright dan 4147,47 ton untuk tiang Skempton. Maka dengan demikian tiang mampu menahan beban aksial yang terjadi sebesar 3102,66 ton. Pada tahanan lateral didapat daya dukung lateral tunggal sebesar 622,3 ton dan lateral grup sebesar 7871,94 ton. Dapat dikatakan tiang tersebut dapat menahan beban lateral sebear 952,9 ton. Penurunan tiang elastis yang terjadiialah sebesar 44,53 mm untuk tiang Reese & Wright dan 45,2 mm untuk tiang Skempton. Penuruan ini dapat dikatakan aman menurut Skemptoniidan Mc Donald dimana maksimum penurunan fondasi rakit pada tanah lempung ialah sebesar 65 – 100 mm. Sedangkan untuk penurunan konsolidasi primer yang terjadi ialah sebesar 11,92 mm. Penurunan ini dinyatakan aman berdasarakan SNI 8460:2017 yang menyatakan bahwa penurunan akibat deformasi tanah maksimum ialah 25,4iimm

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Tulus Sebastian Gerraldo
Date Deposited: 24 Aug 2022 11:40
Last Modified: 24 Aug 2022 11:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6802

Actions (login required)

View Item
View Item