RANCANG BANGUN LIVESTREAM VIDEO MENGGUNAKAN WEBSOCKET DAN 4G PADA RASPBERRY PI 4

1807421024, Muhammad Farishanif Widyono (2022) RANCANG BANGUN LIVESTREAM VIDEO MENGGUNAKAN WEBSOCKET DAN 4G PADA RASPBERRY PI 4. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab2 sd Bab4] Text (Bab2 sd Bab4)
Bab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Dengan berkembangnya pemanfaatan livestream video di dunia, livestream video banyak dikembangkan bersesuaian dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, seperti pemanfaatan perangkat WiFi yang memiliki kinerja yang baik dalam jaringan komunikasinya. Namun teknologi tersebut masih sulit ditemukan pada daerah yang masih jauh dari perangkat jaringan komunikasi Wifi dan teknologi terbaru lainnya. Oleh sebab itu, dilakukanlah perancang bangunan sebuah livestream dengan komunikasi jaringan 4G yang memiliki cakupan sejauh adanya cakupan BTS 4G dengan performa yang baik yang dibantu dengan protokol websocket untuk melakukan komunikasi secara realtime. Sistem livestream memanfaatkan raspberry pi kamera V2 dan mengirimkan data stream video menggunakan modul eksternal modem 4G berupa Huawei E-3372 untuk melakukan koneksi menuju internet dan server dengan sistem operasi windows 10. Dalam menganalisis kinerja sistem livestream dilakukan pengujian fungsionalitas menggunakan metode blackbox, pengujian konektivitas untuk melihat kinerja jaringan sistem dengan melakukan pengukuran troughput, packet loss, delay, dan jitter dengan berbagai resolusi menggunakan alat wireshark, dan pengujian performa dengan menggunakan task manager dan conky untuk melihat penggunaan CPU dan memori. Penulis mendapatkan bahwa semua program dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan Nilai QoS yang baik sesuai dengan indeks hasil parameternya dari pengujian konektivitas, juga didapatkan bahwa pengiriman data non-base64 dapat mengurangi ukuran data yang dikirim dibuktikkan dengan ukuran throughput yang kurang lebih merupakan ukuran data yang dikirim di masing-masing resolusi, terlihat bahwa dengan melakukan pengiriman data berupa non-base64 dapat mengurangi ukuran data sampai kurang lebih mencapai 200.000 byte/s. Serta didapatkan performa sistem yang cukup baik karena penggunaan CPU yang tidak melampaui 50% sumber daya perangkat dan masih dapat dikurangi dengan mengirimkan data non-base64.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Farishanif Widyono
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:54
Last Modified: 19 Aug 2022 03:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6624

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item