PEMBUATAN APLIKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY PADA 3D MUSEUM DIGITAL BUDAYA KERIS

1807431007, Errico Evando Ramli (2022) PEMBUATAN APLIKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY PADA 3D MUSEUM DIGITAL BUDAYA KERIS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Jurnal Errico Evando Ramli] Text (Jurnal Errico Evando Ramli)
Errico Evando Ramli Journal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of Isi Bab 2 sampai bab 4] Text (Isi Bab 2 sampai bab 4)
bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Identitas.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengglobal, telah berpengaruh ke segala aspek, baik dibidang ekonomi, politik, seni, kebudayaan dan pendidikan. Keris adalah budaya yang diakui secara internasional oleh UNESCO, Bersumber dari Badan Pusat Statistik, Pengunjung museum mengalami penurunan drastis karena efek pandemi membuat budaya indonesia yaitu salah satunya keris, menjadi sulit terjangkau dan terancam pelestariannya, terlebih dari beberapa kampus maupun sekolah, tidak pernah mempelajari budaya keris, ini dapat menyebabkan budaya semakin terkikis, oleh karena itu pembuatan aplikasi dibutuhkan sebagai upaya melestarikan budaya keris, dalam aplikasi ini terdapat video materi animasi 3D berbasis Virtual Reality yang akan memperkenalkan 10 keris rumpun jawa, ciri-ciri keris, kegunaan keris dan bagian yang ada pada keris menggunakan perangkat lunak unity, dan animasi menggunakan blender, Aplikasi dijalankan pada sistem operasi android. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan jenis penelitian kausal komparatif menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Berdasarkan hasil dari pengujian aplikasi kepada 10 responden, didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat terpasang diperangkat pengguna dengan sistem operasi android sebanyak 7 responden, dan 10 responden menyatakan Aplikasi VRKeris dapat membantu pelestarian budaya keris serta Fungsi dan fitur 360 derajat, mesh input serta tombol dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: D4 Errico Ramli
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:08
Last Modified: 18 Aug 2022 06:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item
View Item